Salin Artikel

Brimob Tewas Dianiaya OTK di Papua, Pengamat Minta Polisi Kejar Pelakunya

KOMPAS.com - Seorang anggota Brigade Mobil (Brimob) bernama Bripda Diego Rumaropen tewas setelah dianiaya oleh orang tak dikenal (OTK) di Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (18/6/2022) lalu sekitar pukul 17.00 WIT.

Dalam penyerangan tersebut, dua pucuk senjata api bahu jenis AK101 dan senjata api bahu jenis SSG08 yang dipegang korban hilang diduga dirampas oleh pelaku.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Mathius D Fakiri menyebut, kuat dugaan pelaku yang menganiaya korban merupakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Nduga yang dipimpin Egianus Kogoya.

Terkait dengan kejadian itu, Pengamat Intelijen dan Terorisme Stanislaus Riyanta meminta pihak kepolisian untuk melihat dulu siapa pelakunya.

Kata Stanislaus, biasanya kalau pelakunya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), kelompok ini pasti sudah berbicara. Sebab, mereka punya motif eksistensi.

"Kelompok-kelompok ini biasanya melakukan aksi penindakan terhadap anggota TNI-Polri, mereka mendelakrasikan diri bahwa mereka adalah pelakunya," kata Stanislaus, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/6/2022).


Stanislaus pun meminta pihak kepolisian untuk mencari pelakunya, apakah benar KKB atau bukan atau ada hal yang lain.

"Apapun itu, penindakan terhadap aparat negara itu harus diusut karena itu bukti adanya kelompok-kelompok yang menentang NKRI di sana itu harus diusut," ujarnya.

"Siapa pun pelakunya ketika dia melakukan penindakan terhadap aparat negara harus diusut, ditangkap dan harus dihukum tidak dibenarkan itu," sambungnya.

Saat ditanya Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakiri mencopot Komandan Kompi D Wamena AKP Rustam dari jabatannya terkait tewasnya Bripda Diego, Stanislaus mengatakan, keputusan itu sudah tepat.

Kata Stanislaus, ketika terjadi pelanggaran standar operaional proseddur (SOP), memang komandan kompi harus bertanggung jawab.

"Ya ketika ada pelanggaran SOP harus dicopot untuk mempertanggungjawabkan." ujarnya.

Stanislaus mengatakan, pencopotan yang dilakukan kapolda itu pastinya ada pertimbangan-pertimbangan.

"Kita hargai bentuk keputusan kapolda itu pasti sudah ada mekanisme internal untuk melakukan penilaian dan yang paling penting mencari siapa pelakunya supaya masyarakat aman, karena kalau aparat TNI-Polri ditembak apalagi masyarakat," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/23/160515778/brimob-tewas-dianiaya-otk-di-papua-pengamat-minta-polisi-kejar-pelakunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke