Salin Artikel

Wilayah di NTT Ini Alami 93 Hari Tanpa Hujan, BMKG: Paling Tinggi di Indonesia

Hari tanpa hujan dengan kategori ekstrem panjang masih berada di wilayah Rambangaru, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, yakni 93 hari.

"Rambangaru 93 hari tanpa hujan paling tinggi se Indonesia," ujar Prakirawan Stasiun Klimatologi Kelas II NTT Ryan Sudrajat, kepada Kompas.com, Selasa (21/6/2022).

Untuk wilayah NTT, lanjut Ryan, ada empat wilayah yang masuk kategori ekstrem panjang yakni Rambangaru di Sumba Timur selama 93 hari, Oebelo di Kabupaten Timor Tengah Selatan selama 67 hari, Kamanggih di Kabupaten Sumba Timur selama 63 hari, dan Oemofa di Kabupaten Kupang selama 61 hari.

Sedangkan untuk kategori hari tanpa hujan sangat panjang berada di dua tempat di Kabupaten Kupang yakni Oekabiti (59 hari) dan Camplong (59 hari).

Sementara itu, kategori menengah hari tanpa hujan yang berkisar antara 11-18 hari, tersebar di 21 lokasi yang berbeda.

"Sedangkan wilayah yang masih ada hujan hingga tanggal 20 Juni adalah Labuan Bajo, Pagal, Gapong, Ranamese Tambolaka dan Kabukarudi," ujar dia.

Menurutnya, di Provinsi NTT pada umumnya berada pada kategori hari hujan dan hari tanpa hujan sangat pendek, yakni 1-5 hari.

Dia menjelaskan, analisis curah hujan dasarian II Juni, sebagian besar wilayah NTT mengalami curah hujan dengan kategori rendah yakni 0-50 mm, tetapi beberapa wilayah juga masih ada yang mengalami curah hujan tinggi dan sangat tinggi.

Prakiraan hujan dasarian ke depan, lanjut Ryan, pada umumnya rendah, tetapi beberapa wilayah diperkirakan mendapatkan curah hujan menengah hingga sangat tinggi.

Terkait kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat agar selalu mewaspadai kebakaran hutan dan lahan. Termasuk juga memanfaatkan air bersih dengan baik.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/21/205131378/wilayah-di-ntt-ini-alami-93-hari-tanpa-hujan-bmkg-paling-tinggi-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke