Salin Artikel

Ricuh di Pintu Gate 2 Stadion Manahan, Fans PSIS Semarang Memaksa Masuk Tanpa Pemeriksaan

Sebabnya, ada Panser Biru, julukan penggemar PSIS, berusaha masuk ke stadion tanpa melalui pemeriksaan tiket.

Pantuan Kompas.com, sekitar pukul 13.00 WIB suporter sudah mulai masuk di kawasan jogging track Stadion Manahan.

Sekitar pukul 14.30 WIB, ribuan suporter nampak, ada yang menerobos masuk lewat pagar dalam Stadion Manahan. Bukan hanya itu, aksi saling dorong juga terlihat di gate 2.

Sebelum masuk ke dalam tribun Stadion Manahan, tampak suporter juga dapat saling sorak dan semakin memanas karena tak sabar ingin masuk ke secara bersama.

Ribuan suporter tersebut memaksa masuk tanpa pemeriksaan hingga saling dorong. Padahal, pihak panitia pelaksana (Panpel) dan kepolisian resor kota (Polresta) Solo telah membuka dua pintu pemeriksaan.

"Sebagaimana hasil kesepakatan panpel dan koordinator suporter masuk lewat pintu gate dua. Karena dalam periode yang sama (masuk) Panpel agak kewalahan tadi," kata Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, saat di Stadion Manahan, Selasa (21/6/2022).

"Jadi kita koordinasikan untuk membuka pintu masuknya jadi dua, dua akses pintu bisa mengurai kepadatan tadi," lanjutnya.

Sekitar pukul 15.00 WIB, kondisi mulai terurai lantaran para suporter telah masuk di tribun stadion.

Adapun laga ketiga Piala Presiden 2022 Grup A menyajikan derby Jawa Tengah, PSIS Semarang melawan tuan rumah Persis Solo, dan dihelat pukul 16.00 WIB.

"Kita terus imbau tidak saling dorong. Alhamdulillah sudah mulai terurai. Sekarang kita mulai sweeping untuk razia barang-barang yang dilarang masuk di Stadion," jelas Ade.

Personel gabungan dibagi menjadi 4 lapis pengamanan. Lapis pertama atau Ring 3 berada di 4 pintu masuk ke dalam kawasan Stadion Manahan, Solo.

Lapis kedua atau Ring 2 berada di 4 pintu masuk ke jogging track Stadion Manahan dan lapis ke 3 atau ring 1 berada di 12 pintu masuk yang langsung mengakses ke dalam tribun.

"Kita berharap semua potensi-potensi gesekan benturan dapat kita antisipasi dan yang paling penting kami mohon kerjasama di gelaran Piala Presiden 2022," tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/21/160234678/ricuh-di-pintu-gate-2-stadion-manahan-fans-psis-semarang-memaksa-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke