Salin Artikel

Gibran Disarankan Jadi Gubernur oleh Prabowo, Pakar UNS: Potensi Menang Besar di Jateng

SOLO, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyarankan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Gibran sebelumnya mengaku dalam pertemuannya itu dirinya mendapat banyak wejangan dari Prabowo, salah satunya terkait dengan karir politiknya ke depan.

Pakar Psikologi Politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Moh Abdul Hakim menilai, saran tersebut lumrah diberikan Prabowo Subianto atau Partai Gerindra karena kedekatan sejarah antarkeduanya.

"Pada pemilihan wali kota Solo lalu, Gerindra adalah partai pertama yang memberikan dukungan untuk Gibran maju sebagai calon setelah melihat eletabilitasnya tinggi," kata Abdul, kepada Kompas.com, pada Senin (20/6/2022).

Abdul menganggap, sikap yang ditunjukan keduanya juga dinilai mengulang sejarah dalam dunia politik dan mampu memperkuat posisi Partai Gerindra.

"Dorongan Prabowo agar Gibran maju ke Pilgub (Pemilihan Gubernur) seolah mengulang sejarah. Beberapa survei menunjukkan Gibran memiliki elektabilitas tertinggi di Jawa Tengah, dan menjadi kuda hitam di Jakarta," ujar dia.

"Oleh karena itu, saya membaca dukungan Prabowo tersebut sebagai pilihan taktis untuk memperkuat posisi politik Gerindra," lanjut dia.

Meski Gibran tidak menjabarkan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta maupun Jawa Tengah pada Pilkada 2024, Abdul menilai saran yang diberikan Prabowo Subianto yakni maju dalam Pilgub Gubernur Jawa Tengah.


"Tetapi, perlu dicatat bahwa di Jakarta, Gerindra mempunyai sosok yang kemungkinan besar maju sebagai calon gubernur, yaitu Ahmad Riza Patria. Jika Gerindra mendukung Gibran maju di Jakarta tentu beresiko menciptakan perpecahan di internal Gerindra sendiri," ujar dia.

"Bagi Gerindra, akan lebih menguntungkan jika Gibran bertarung di Jawa Tengah. Gibran memiliki peluang besar untuk menang di Jawa Tengah," ujar dia.

Potensi majunya Gibran Rakabuming ini dinilai memberikan dampak positif secara pribadi untuk Prabowo Subianto.

"Kehadiran Gibran sebagai calon yang diusung Gerindra juga akan meningkatkan kekuatan politik Prabowo untuk maju sebagai capres (calon presiden)," papar Abdul.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/20/122817478/gibran-disarankan-jadi-gubernur-oleh-prabowo-pakar-uns-potensi-menang-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke