Salin Artikel

PPDB SMA-SMK Jateng 2022 Dibuka, Ganjar Minta Orangtua Ajarkan Integritas: Tak Perlu Titip-titip

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta orangtua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Jawa Tengah (Jateng) tak menitipkan anaknya saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023.

Menitipkan yang dimaksud yakni memindahkan anak ke Kartu Keluarga (KK) yang alamatnya berdekatan dengan sekolah negeri yang diinginkan.

PPDB SMAN dan SMKN se-Jawa Tengah dibuka mulai Rabu (15/6/2022).

"PPDB sudah kita mulai. Anak-anak sudah mendaftarkan akun mereka dan sampai saat ini ada 1.300-an orang. Satu pesan saya, dampingi anak-anak, ajari mereka berintegritas tidak perlu titip-titip," kata Ganjar Pranowo saat di SMAN Tawangmangu, Rabu (15/6/2022).

Menurut Ganjar, pemerintah sudah menyediakan prasarana untuk siswa akan diterima di sekolah pilihannya.

Prasarana ini dalam bentuk beberapa peluang seperti sistem zonasi, prestasi, afirmasi, dan kepindahan tempat kerja orang tua.

"Seluruh layer kita buat untuk mereka yang punya jarak, mereka yang punya prestasi, mereka yang pindah, yatim piatu, dan afirmasi. Semua sudah kita buat, gunakan semuanya yang ada di sini," jelas Ganjar.

Lanjutnya, data-data yang dimasukan dalam sistem PPDB harus beberapa jujur sesuai yang sebenarnya. Karena hal itu mampu memengaruhi karakter anak atau siswa itu sendiri.

"Ambil data yang benar. Sehingga nanti anak-anak bisa menerima belajar di sekolah itu. Kalau dengan jujur (PPDB) tentu itu sangat baik," tegas Ganjar.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/15/173541078/ppdb-sma-smk-jateng-2022-dibuka-ganjar-minta-orangtua-ajarkan-integritas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke