Salin Artikel

Ledakan yang Gegerkan Warga Banyumas Sempat Dikira Ban Truk Meletus hingga Timbulkan Getaran

BANYUMAS, KOMPAS.com - Ledakan yang bersumber dari rumah warga di Grumbul Leler, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Selasa (14/6/2022) sore menimbulkan suara sangat keras.

Kepala Dusun I Desa Randegan, Umiyati mengatakan, awalnya mengira suara ledakan tersebut bersumber dari ban truk yang meletus, karena rumahnya tak jauh dari jalan raya.

"Saya dengar suara seperti ban meletus," kata Umiyati, yang rumahnya berjarak sekitar 500 meter dari sumber ledakan saat ditemui, Selasa malam.

Namun, beberapa menit kemudian, ada warga yang datang ke rumahnya untuk melaporkan peristiwa ledakan di rumah milik Sajam.

"Ternyata sekian menit kemudian ada warga ke rumah laporan, saya langsung meluncur ke sini," ujar Umiyati.

Ledakan tersebut, ungkap Sumiyati, juga mengakibatkan getaran yang cukup keras.

"Banyak warga yang merasakan ada getaran seperti gempa. Genteng rumahnya juga pada geser, jadi mengira gempa," kata Sumiyati.

Ketua RT 004 RW 001 Sutopo yang rumahnya di seberang sumber ledakan mengatakan, awalnya juga mengira ledakan tersebut bersumber dari ledakan ban truk.

Saking kerasnya ledakan tersebut menyebabkan anaknya yang masih balita menangis.

"Anak saya yang kecil menangis karena takut, saya peluk dia," kata Sutopo.

Diberitakan sebelumnya, sebuah ledakan keras menghebohkan warga Grumbul Leler, Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (14/6/2022) sore.

Ledakan yang diduga berasal dari bahan petasan ini mengakibatkan dua rumah rusak.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/14/205907578/ledakan-yang-gegerkan-warga-banyumas-sempat-dikira-ban-truk-meletus-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke