Salin Artikel

Polres Salatiga Bentuk Tim Pantau Khilafatul Muslimin, Ini Hasilnya

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana mengatakan telah dilakukan pendataan terhadap organisasi masyarakat (ormas) yang berbadan hukum.

"Data ormas berbadan hukum tercatat di Kesbangpol Pemkot Salatiga, jadi kita melakukan koordinasi. Termasuk juga dengan Kemenag," jelasnya, Senin (13/6/2022) usai Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi 2022 di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga.

Indra mengatakan, dari pelacakan awal di Salatiga belum ada pergerakan Khilafatul Muslimin. "Hingga saat ini tidak ada Khilafatul Muslimin, baik sekretariat atau anggotanya," terangnya.

Menurutnya, selain deteksi ke organisasi tersebut, juga dilakukan sosialisasi ke masyarakat. "Peran unit kita maksimalkan dari Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk memberi sosialiasi agar tidak terpapar dan jika ada pergerakan kegiatan yang menyimpang, akan dilakukan upaya sesuai prosedur hukum," kata Indra.

Selain hal tersebut, lanjut Indra, juga dilakukan langkah pencegahan dengan berkomunikasi secara intens dengan polres tetangga. "Salatiga ini daerah lintasan, jadi komunikasi dengan Polres Semarang, Polres Boyolali dan Polda terus dilakukan," paparnya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan Khilafatul Muslimin telah berdiri di sejumlah tempat di Jawa Tengah.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/13/101126378/polres-salatiga-bentuk-tim-pantau-khilafatul-muslimin-ini-hasilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke