Salin Artikel

Ketua PSSI Ungkap Alasan Terpilihnya Stadion Manahan Jadi Venue Piala Presiden 2022

Iwan Bule menjelaskan, Stadion Manahan merupakan stadion yang bertaraf internasional dan dipersiapkan sebagai  venue Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. Sehingga, adanya turnamen pramusim Liga 1 ini menjadi bentuk uji coba kesiapan.

"Kenapa di Solo, kita mengecek kembali kesiapan venue Piala Dunia di sini, yang kedua kan satu dari tiga klub liga 2 yang naik ke liga 1 adalah Solo," jelas Ketua PSSI saat di Stadion Manahan, Jumat (10/5/2022).

Ketiga tim yang naik kasta Liga 1 adalah Persis Solo, RANS Cilegon FC, dan Dewa United. Dari ketiga klub ini yang memiliki homebase tetap hanyalah Persis Solo, di Stadion Manahan.

"Yang dua klub belum punya stadion yang secara resmi, yaitu Rans dan Dewa United. Jadi kita kasih ke Solo," ujar Iwan Bule.

Sementara itu, alasan terpilih venue selain di Stadion Manahan, karena historis kemenangan serta persiapan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Venue lain, Malang adalah pernah juara dua kali. Kemudian Bandung pernah juara juga. Sekarang di Samarinda kita mencoba berkaitan dengan penyusunan IKN," jelasnya.

Sementara itu, Grup A dihuni oleh Persis Solo selaku tuan rumah, kemudian PS Sleman, PSIS Semarang, Dewa United, dan Persita Tangerang.

Grup B bakal dihelat di Samarinda, tepatnya di Stadion Segiri dengan Borneo FC sebagai tuan rumahnya. Peserta di grup ini adalah Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Nusantara FC, dan  Madura United.

Beralih ke Grup C, Grup ini disebut sebagai grup neraka karena ditempati oleh tim-tim elite, yakni, Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya bertempat di Stadion Gelora Badung Lautan Api, Bandung.

Terakhir, Grup D, Arema FC dipercaya sebagai tuan rumah di Stadion Kanjuruhan, Malang. Singo Edan akan bersaing dengan tiga tim lainnya di Grup D, yakni Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/10/191354778/ketua-pssi-ungkap-alasan-terpilihnya-stadion-manahan-jadi-venue-piala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke