Salin Artikel

Kantor Khilafatul Muslimin di Solo Sempat Digunakan untuk Kegiatan Keagamaan

SOLO, KOMPAS.com - Kantor Khilafatul Muslimin yang berlokasi di Gang Sawo 4, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah, sempat digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Kegiatan ini tidak dilaksanakan secara rutin sehingga tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya.

"Sempat ada. Tapi, untuk perkumpulannya itu memang dilakukan kadang-kadang. Masyarakat juga menemui ada beberapa orang ngaji di situ maksimal 10 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Solo, Hidayat Maskur dihubungi Kompas.com, pada Kamis (9/6/2022).

Pihaknya tidak mengetahui para pengikut Khilafatul Muslimin yang mengikuti kegiatan keagamaan di kantor tersebut berasal dari mana saja.

Hidayat memastikan, para pengikut Khilafatul Muslimin tersebut bukan merupakan warga dari Solo.

"Kalau kemarin kami kumpulkan datanya dari lingkungan sekitar tidak ada. Jadi, lingkungan di situ tidak ada yang ikut serta di dalamnya itu tidak ada," ungkap Hidayat.

"Ini belum ketemu yang maksimal 10 orang ini dari mana. Mungkin sudah diambil alih oleh kepolisian," sambung dia.

Diketahui, Polresta Solo telah mencopot papan nama yang terpasang di kantor Khalifatul Muslimin Karangasem.


Papan nama itu bertuliskan 'Khilafatul Muslimin Ummul Quro Solo Kota' dan 'Khalifatul Muslimin Kemas'ulan Laweyan'.

Selain itu, polisi juga masuk ke kantor dan melakukan pemeriksaaan terhadap penghuni dalam rumah yang selama ini dijadikan sebagai kantor tersebut.

"Sebuah rumah milik Bapak Walimin, yang mana rumah tersebut digunakan sebagai kantor organisasi Khilafatul Muslimin, di mana berangkat dari banyaknya perlawanan penolakan komplain warga masyarakat," kata Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, saat di lokasi, Kamis (9/6/2022).

Pelepasan papan nama itu dilakukan karena kegiatan Khilafatul Muslimin ini tidak berdasarkan pada ideologi Pancasila.

"Kegiatannya yang tidak berdasar pada ideologi negara Pancasila. Kemudian, kami telah melepas dua plang ataupun papan nama Khalifatul Muslimin. Kami amankan pada siang hari ini," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/09/162438278/kantor-khilafatul-muslimin-di-solo-sempat-digunakan-untuk-kegiatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke