Salin Artikel

Stok Sempat Kosong Dua Hari, Harga Ayam di Balikpapan Melambung

Kondisi ini tentu membuat pedagang ayam tercekik. Pasalnya para pedagang hanya mampu menjual sisa stok yang ada.

Imbasnya, para pedagang ayam goreng dan lalapan sempat tidak berjualan lantaran kehabisan stok.

"Ya, ini ayamnya habis. Keliling cari di Pasar enggak ada. Cuma ada ayam frozen aja tapi kan beda harga sudah sama yang biasa saya beli," ujar Fitri, pedagang lalapan di Balikpapan Utara.

Kondisi tersebut masih terjadi hingga hari ini, Kamis (9/6/2022). Meskipun memang para pedagang mulai mendapat jatah stok dari pemasok secara terbatas. 

"Dua hari sempat kosong. Sekarangi ini dijatah. Satu hari dikasih dari 30 ekor sampai 50 ekor. Karena satu hari dia cuma bisa bawa 700 ekor. Jadi dibagi ke pedagang-pedagang di Pasar," kata Aini, salah seorang pedagang ayam di Pasar Klandasan, Balikpapan ditemui Kompas.com pada Kamis (9/6/2022).

Kurangnya stok ayam membuat harga jual pun melambung. Satu ekor ayam potong segar dibanderol seharga Rp 60.000 untuk ukuran kecil. Sementara untuk ayam berukuran besar seharga Rp 80.000.

Para pedagang mengaku kenaikan harga dikarenakan dari pemasok sudah naik hingga Rp 8.000 per ekornya.

"Kalau dulu kan dari kandang (pemasok) harganya Rp 25.000 terus paling kita jual Rp 40.000. Nah sekarang ini dari kandang sudah Rp 32.000. Jadi kita jual di sini itu Rp 55.000 sampai Rp 60.000 yang kecil aja. Kalau ayam yang besar itu bisa sampai Rp 80.000 per ekornya," ungkapnya.

Pedagang lainnya bernama Rudi juga mengeluhkan stok ayam yang berkurang. Bahkan belakangan ini ayam yang dijual didatangkan dari luar daerah, yakni dari Kalimantan Selatan (Kalsel).

Menurut Rudi hal ini dikarenakan stok ayam potong segar dari pemasok sempat terkendala masa penetasan yang terlambat.

"Iya, ayam ini saja dari Kalsel semua didatangkan. Enggak tahu kenapa kosong. Tapi saya sempat tanya kemarin itu katanya karena lambat penetasan ayamnya, jadinya stoknya kurang," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/09/125106578/stok-sempat-kosong-dua-hari-harga-ayam-di-balikpapan-melambung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke