Salin Artikel

85 KK Warga Tambakrejo Semarang Kembali Kena Rob, Akses Sepeda Motor Lumpuh

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 85 kepala keluarga (KK) di RW 16 Tambakrejo, Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah kembali terendam rob setinggi 40 sentimeter.

Ketua RW 16 Tambakrejo, Selamet Riyadi mengatakan, daerahnya kembali terkena rob sejak empat hari yang lalu. Rata-rata ketinggian mulai 30 sentimeter hingga 40 sentimeter.

"Biasanya rob terjadi mulai pukul 12.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (7/6/2022).

Sampai saat ini, banyak kendaraan roda dua yang tak bisa melintas karena air rob. Warga RW 16 memilih diam di rumah karena takut sepeda motornya akan mogok jika dipaksakan.

"Motor tak berani keluar masuk kampung karena takut mogok dan biaya servis juga mahal," kata Selamet.

Dia juga sempat mencoba untuk menggunakan sepeda motor untuk menerjang air rob. Namun, sepeda motornya malah rusak di tengah jalan.

"Motor saya mogok kemarin saya coba. Saya harus jalan kaki cukup jauh. Ternyata capek juga," paparnya.

Meski pembangunan sabuk pantai akan dilakukan, dia meminta Pemerintah Kota Semarang juga memperhatikan soal peninggian jalan yang terkena rob.

"Kalau jalan tak ditinggikan nanti air rob sampai ke rumah warga lagi. Tinggikan jalan agar aktivitas warga bisa normal,"pesan Selamet.

Dia berharap agar pemerintah segera merealisasikan apa yang dibutuhkan oleh warga Tambakrejo. Sudah bertahun-tahun rumah warga terkena rob.

"Kerugiannya sudah banyak, barang-barang sudah rusak banyak karena air rob. Masak kita mau seperti ini terus," keluhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/07/123414878/85-kk-warga-tambakrejo-semarang-kembali-kena-rob-akses-sepeda-motor-lumpuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke