Salin Artikel

Tak Dikenali di Pulau Pamantauang, 2 Jasad Korban KM Ladang Pertiwi 02 Diidentifikasi di Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua jenazah korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 tidak berhasil dikenali oleh warga Pulau Pamantauang. Tim Basarnas Sulsel kemudian membawanya ke Kota Makassar dan menyerahkannya ke tim Disaster Victim Identification (DVI) Polda Sulsel untuk diidentifikasi.

Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi kepada wartawan Sabtu (4/6/2022) mengatakan, dua jenazah yang ditemukan di Selat Makassar pada Kamis (2/6/2022) dibawa ke Kota Makassar untuk dilakukan identifikasi oleh tim DVI Polda Sulsel. Pasalnya, kedua jenazah tersebut belum diketahui identitasnya.

"Sekiranya ada keluarga yang mengenali dari ciri pakaian dan aksesoris pada jenazah. Jika warga tidak mengenali kedua korban, maka selanjutnya KN SAR Kamajaya akan mengevakuasi ke Pelabuhan Soekarno Hatta untuk diserahkan ke TIM DVI Polda Sul-Sel," ujarnya.

Djunaidi mengatakan, dirinya bersama Kapolda Sulsel dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel melakukan pencarian menggunakan helikopter pada 40 nautical mile (NM) dari lokasi kecelakaan KM Ladang Pertiwi 02.

Dari pemantauan tersebut, belum ada perkembangan berarti termasuk penemuan korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi.

"Tentunya alut (alat utama) akan terus melakukan pencarian," tuturnya.

Sebelumnya telah diberitakan, Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 02 yang memuat 42 orang ini dikabarkan tenggelam pada Kamis (26/5/2022) sekitar pukul 03.30 Wita, sekitar 10 NM sebelum Pulau Pemantauan di perairan Selat Makassar.

Namun informasi baru diterima oleh Basarnas pada Sabtu (28/05/2022).

Tim rescue Basarnas Makassar ABK KN SAR Kamajaya serta instansi dan organisasi SAR terkait segera melakukan pencarian di lokasi kecelakaan kapal.

Basarnas Sulsel mengungkapkan bahwa jumlah penumpang KM Ladang Pertiwi 02 bukan 42 orang, melainkan berjumlah 50 orang.

Sehingga 16 orang dinyatakan hilang dan 31 orang telah ditemukan selamat serta 3 orang ditemukan meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/04/153830578/tak-dikenali-di-pulau-pamantauang-2-jasad-korban-km-ladang-pertiwi-02

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke