Salin Artikel

Presiden Jokowi Janji Selesaikan Pembangunan Masjid Sriwedari Solo

Diketahui, pembangunan Masjid Sriwedari yang dimulai sejak tahun 2018 tak kunjung selesai karena pendanaan. Di sisi lain juga karena lahan Sriwedari masih sengketa.

Mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan dirinya dan Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari yang juga mantan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo pernah dipanggil Jokowi ke Istana Negara terkait pembangunan masjid.

"Saya dan Pak Pur (Achmad Purnomo) dipanggil ke Istana itu pun Pak Presiden (Jokowi) juga menjanjikan mau menyelesaikan itu kok," kata Rudy sapaan akrab ditemui di Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/6/2022).

Rudy juga menyampaikan tanah Sriwedari sah demi hukum.

"Kalau tidak percaya cek di Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) di situ terbit sertifikat HP 41 dan HP 40. Dan dicek di BPN itu tidak ada catatan satu pun bahwa tanah Sriwedari itu sengketa. Dan Solo tanpa Sriwedari bukan Solo," terang Rudy.

"Mohon maaf, karena Pak Jokowi juga pernah jadi wali kota di Solo yang berjuang untuk mempertahankan Sriwedari sebagai aset negara sekarang kan menjadi Presiden. Ini sebetulnya tinggal bagaimana aset ini kembali ke negara. Saya ndak punya kepentingan di sana kok, tetapi kepentingan saya bahwa Sriwedari adalah asetnya rakyat Solo, Pemkot Solo dan NKRI," sambung dia.

Rudy berharap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bisa menyelesaikan pembangunan Masjid Sriwedari Solo. Keberadaan Masjid Sriwedari untuk kepentingan masyarakat.

"Harapannya Mas Wali ini segera menyelesaikan," ungkap Rudy.

Sebelumnya, pembangunan Masjid Sriwedari Solo, Jawa Tengah yang sempat mandek karena pendanaan akan diupayakan dilanjutkan kembali.


Ketua Panitia Pembangunan Masjid Sriwedari yang juga mantan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo mengatakan, telah berkoordinasi dengan stakeholder untuk mengupayakan kelanjutan pembangunan masjid.

"Ini menunggu dana. Ini dicarikan oleh Pak Wali Kota (Gibran Rakabuming Raka), Pak Mahfud MD (Menko Polhukam) semuanya sedang menunggu ini," kata Purnomo sapaan akrab saat dihubungi wartawan di Solo, Jawa Tengah, Senin (30/5/2022).

"Tempo hari kan saya dipanggil beliau (Mahfud MD) dikumpulkan nanti akan dibantu untuk pendanaannya," sambung dia.

Pengerjaan Masjid Sriwedari telah dimulai sejak 2018 ditaksir menelan anggaran sebesar Rp 165 miliar. Pembangunannya diklaim sudah mencapai 85 persen.

"Kan (pembangunan) belum berhenti setahun. Pembangunannya tinggal finishing. Itu barang-barangnya sudah ada di lokasi tinggal masang," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/01/130011578/presiden-jokowi-janji-selesaikan-pembangunan-masjid-sriwedari-solo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke