Salin Artikel

Insiden Pembakaran Rumah di Dogiyai, Warga yang Mengungsi Mulai Kembali

JAYAPURA, KOMPAS.com - Masyarakat Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua, yang sebelumnya mengungsi di sejumlah pos keamanan akibat insiden pembakaran, kini mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

Hal ini setelah aparat keamanan memberi jaminan bahwa situasi telah dikendalikan.

"Ya, mereka sudah kembali ke rumahnya, korban yang rumahnya terbakar tinggal di rumah saudaranya," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Kepolisian Daerah Papua, Kombes Faizal Ramadhani saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (27/5/2022).

Menurutnya, pengungsi mulai kembali ke rumahnya masing-masing sejak Kamis (26/5/2022). Namun, ada beberapa yang baru mengambil barang-barangnya dari tempat pengungsian pada Jumat pagi.

"Ada sebagian yang memilih kembali ke Nabire, tapi tidak banyak," kata Faizal.

Diberitakan sebelumnya, sekelompok massa melakukan aksi pembakaran terhadap 18 rumah kios di Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Papua, Minggu (22/5/2022) malam hingga Senin (23/5/2022) dini hari.

Akibatnya, ada ratusan warga mengungsi di Koramil, Polsek dan tempat ibadah di sekitar lokasi kejadian.

"Ada sekitar 200 warga yang saat ini mengungsi," ujar Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani, di Jayapura, Senin.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/104504478/insiden-pembakaran-rumah-di-dogiyai-warga-yang-mengungsi-mulai-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke