Salin Artikel

Gunakan Adat Solo, Berikut Bocoran Prosesi Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK

Koordinator Wedding Organizer, Dani Wigung, mengatakan prosesi akad dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB, Kamis (26/5/2022).

"Penyerahan calon pengantin putra dari keluarga putra kepada keluarga putri. Kemudian dari keluarga putri akan menerima calon pengantin putra untuk dinikahkan dengan calon pengantin putri," jelas Dani Wigung saat di Graha Shaba Buana, Rabu (25/5/2022).

Setelah pasrah tampi, kemudian Anwar Usman diarahkan ke tempat akad nikah. Selanjutnya, Idayati menyusul calon pengantin pria.

"Lalu dilanjutkan kehadiran mempelai putri. Kemudian doa dan khutbah," ujarnya.

Prosesi selanjutnya, saksi kedua belah pihak dihadirkan yakni Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa sebagi saksi keluarga pengantin pria. Lalu Wakil Presiden Ma'ruf Amin saksi pengantin wanita.

"Kemudian Bapak Jokowi datang yang terakhir sebagai wali nasab," jelasnya.

Untuk tamu undangan pada prosesi akad berjumlah 200 undangan dan sisanya saat prosesi resepsi.

"Semua tamu undangan harus PCR. Sistemnya tidak dine in. Semuanya hampers dengan sistem barcode dan sangat terbatas hanya 200 kursi saja saat akad. Tamu di resepsi agak longgar. Kalau akad lebih ketat," jelasnya.

"Tamu undangan datang sesuai prosesi dalam undangan. Jadi kalau dapat yang resepsi, datang saat akad tidak bisa masuk. Harus menunggu di luar atau pulang dulu," tegas Dani.

Sementara itu, prosesi gladi bersih kedua calon pengantin, Anwar Usman menggunakan pakaian berwarna putih polos dengan dipadukan celana hitam dan berpeci. Sedangkan, Idayati hadir dengan menggunakan pakaian batik dengan dominasi warna hijau dan cokelat.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/25/185345578/gunakan-adat-solo-berikut-bocoran-prosesi-pernikahan-adik-jokowi-dan-ketua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke