Salin Artikel

Ribuan Sapi Terjangkit PMK, Vaksin Belum Tiba, Obat Sudah Habis

Sebelumnya, Kementerian Pertanian RI menetapkan Kabupaten Aceh Tamiang sebagai kabupaten wabah penyakit PMK di Indonesia.

"Sedangkan vaksin yang kita minta dari Kementerian Pertanian RI belum tiba sampai hari ini," ujar Safuan saat dihubungi melalui telepon, Senin (23/5/2022). 

Permintaan vaksin itu disanggupi Mentan RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Kabupaten Aceh Tamiang dalam penanganan PMK dua pekan lalu.

Karena itu, untuk sementara, peternak membeli sendiri obat PMK. Jenis obat yang dibeli direkomendasikan oleh dokter hewan yang membantu penanganan PMK di Aceh Tamiang.

“Bahkan, ada dokter hewan atau petugas kita yang menalangi dulu, pakai uang sendiri. Setelah ada uang baru diganti oleh peternak secara swadaya,” katanya.

Data per 23 Mei 2022 menyebutkan, sebanyak 6.277 sapi positif PMK. Dari jumlah itu sebanyak 1.781 sapi dinyatakan sembuh, sisa 4.496 sapi masih positif PMK.

Jumlah itu tersebar di 12 kecamatan yaitu Kecamatan Bandar Pusaka, Sekerak, Kota Kuala Simpang, Tamiang Hulu, Tenggulun, Karang Baru, Seruway, Bendahara, Banda Mulia, Manyak Payed, Rantau, dan Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/125237378/ribuan-sapi-terjangkit-pmk-vaksin-belum-tiba-obat-sudah-habis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke