Salin Artikel

Gaet 5.000 Pelari, Borobudur Marathon 2022 Disebut Jadi Ruang Kaderisasi Atlet Muda

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung penyelenggaraan event Borobudur Marathon 2022 yang diselenggarakan Bank Jateng.

Event lari bergengsi ini sedianya bakal digelar pada 12-13 November mendatang dengan mengusung tema "Stronger to Victory".

Menurut Ganjar, Borobudur Marathon merupakan ruang bagi para atlet lari untuk bisa berkompetisi dengan kelas Internasional.

Selain itu, juga memberikan ruang bagi daerah wisata untuk mengembangkan sport tourism dan menggandeng UMKM dari masyarakat sekitar.

"Kami harapkan ini menjadi trigger kebangkitan kita dalam sisi ekonomi sehingga orang akan datang. Ekonomi berkembang dan ini menjadi bagian dari healing kita," kata Ganjar, usai peluncuran Borobudur Maraton 2022 di Kantor Bank Jateng, pada Minggu (22/5/2022).

Ganjar mengatakan, Borobudur Maraton menjadi event maraton yang masih terus berlangsung ketika hampir semua event maraton tertidur karena pandemi.

"Hari ini rasa-rasanya situasi jauh lebih baik. Sekarang kita launching dan mudah-mudahan nanti perserta yang dulu ingin ikut dan belum dapat, ya hari ini kuantitasnya bertambah," ujar dia.

Ganjar berharap, target sebanyak 5.000 pelari bisa tercapai mengingat antusiasme masyarakat sangat tinggi.

"Kalau nanti bisa di-adjust sampai 10.000 menurut saya bagus tetapi kita akan lihat dulu catatan pertambahan kasus covid. Kalau enggak kita akan buka," ungkap dia.


Bahkan, ia memprediksi setelah peluncuran event Borobudur Marathon ini para peserta banyak yang akan mendaftar.

"Nah, hari ini kita launching. Dugaan saya setelah ini dibuka ini akan langsung mungkin beberapa jam atau beberapa hari bisa sold out," ungkap dia.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Adi Prinantyo menambahkan Borobudur Marathon sebagai ruang kaderisasi atlet muda.

"Kami ingin upayakan membantu kaderisasi ini. Dan salah satu bukti peraih medali emas putri di Sea Games Vietnam merupakan juara dari Borobudur Marathon tahun 2021," ucap dia.

Menurutnya, prestasi tersebut merupakan peran nyata dari event Borobudur Marathon pada tahun 2021.

"Karena tahun 2021 rasanya hanya sedikit event marathon yang digelar salah satunya Borobudur Marathon. Tahun 2020 event maraton yang digelar juga hanya Borobudur Marathon 2020. Jadi, dua tahun ini proses yang adaptif," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/092401478/gaet-5000-pelari-borobudur-marathon-2022-disebut-jadi-ruang-kaderisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke