Salin Artikel

Borobudur Marathon 2022 Kembali Digelar, Pelari: Selalu Ditunggu dan Bikin Nagih

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejumlah pelari antusias menyambut penyelenggaraan event Borobudur Marathon 2022 yang diselenggarakan Bank Jateng pada 12-13 November mendatang.

Event lomba lari tahunan tersebut akan digelar di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, dengan mengusung tema "Stronger to Victory".

Pelari asal Kota Salatiga, Edy Alunad (34) mengaku, tak sabar menunggu pelaksanaan event Borobudur Marathon 2022 secara luring.

"Borobudur Marathon ini selalu ditunggu-tunggu. Karena event besar tapi terjangkau. Rute dan pemandangan yang disuguhkan bikin nagih jadi tiap tahun pengen ikut terus," kata Edy, usai acara Mlayu Sore dalam rangkaian Borobudur Maraton Menyapa di kantor Bank Jateng, Minggu (22/5/2022).

Selama dua tahun pandemi Covid-19, ia hanya bisa mengikuti event lomba lari tersebut secara virtual.

"Kalau tahun ini offline pengennya ikut lagi. Dari tahun 2017 sudah ikut terus. Karena keseruannya penonton di pinggir-pinggir jalan ramah. Disuguhkan kesenian dan makanan tradisional. Pokoknya berkelas," ungkap dia.

Pelari asal Tangerang, Ari Haryanti (40) mengaku, setiap tahun tidak pernah absen mengikuti Borobudur Marathon.

Selepas lari pagi dari Kendal, ia sengaja menyempatkan diri datang ke acara Mlayu Sore di Kota Semarang.

"Aku tadi pagi habis lari di Kendal terus diundang ikut lari sore di Semarang. Menyenangkan, cuacanya bagus," kata dia.

Setelah dua tahun pandemi, ia begitu merindukan suasana lari event Borobudur Marathon secara luring.

"Tahun ini bisa lari offline lagi ketemu teman-teman karena feelnya beda banget. Masyarakatnya ramah banget saling dukung. Disini luar biasa banget," ungkap dia.

Ia bilang mengikuti event lomba lari ini membuatnya merasa nyaman karena masyarakat selalu menyambut dengan ramah.

"Beda banget dan lebih nyaman. Makanya bikin kangen selain eventnya emang bagus masyarakat luar biasa support-nya. Mereka pada cheering dan berikan makanan," ujar dia.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Adi Prinantyo menyebut, Borobudur Marathon 2022 memiliki tiga rangkaian berbeda yakni Elite Race, Bank Jateng Tilik Candi dan Borobudur Marathon Young Talent. 


"Sebelum ke main event ada beberapa ajang pre event yakni ada the tour komunitas di 3 kota yaitu Solo, Purwokerto dan Surabaya. Lalu ada friendship run di 4 kota yaitu Jakarta, Semarang, Medan dan Makasar," ujar Adi, saat konferensi pers Borobudur Maraton Menyapa di kantor Bank Jateng.

Selanjutnya, akhir dari rangkaian event akan ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run yakni lari bersama sejauh 3 kilometer dengan komunitas di Magelang.

"Teman-teman pelari tentu kangen lari bareng, keringetan bareng, seneng bareng. Tapi soal jumlah kami masih harus beradaptasi dengan situasi karena betapapun ini masih dalam proses transisi menuju endemi. Jadi, mohon dimaklumi kalau belum bisa full seperti sebelum pandemi," ungkap dia.

Dalam acara Borobudur Marathon Menyapa itu dihadiri pula oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An.

Sebagai informasi, Elite Race akan digelar pada 12 November 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 55 atlet yang akan berlaga di rute marathon 42.195 kilometer.

Borobudur Marathon Young Talent akan digelar pada 12 November 2022 yang diikuti atlet muda dengan cut off time terbaik untuk berkompetisi dalam kategori 10 kilometer.

Sedangkan, Bank Jateng Tilik Candi akan digelar 13 November 2022 yang akan diikuti para pelari yang berlomba di rute half marathon 21.097 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/23/073714578/borobudur-marathon-2022-kembali-digelar-pelari-selalu-ditunggu-dan-bikin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke