Salin Artikel

Diduga Rem Blong, Bus Terjun ke Jurang Sedalam 50 Meter di Lampung, 1 Penumpang Tewas

LAMPUNG, KOMPAS.com - Bus penuh penumpang "terjun bebas" di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.

Satu penumpang tewas dan 27 lainnya mengalami luka ringan.

Kecelakaan lalulintas ini terjadi di Tanjakan Mayit yang berada di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, Pekon (desa) Pemerihan, Kecamatan Bengkunat pada Selasa (17/5/2022) siang.

Kapolsek Bengkunat AKP Suhairi membenarkan telah terjadi kecelakaan lalulintas di jalan lintas yang melewati wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) tersebut.

"Kecelakaan tunggal, bus masuk jurang di Tanjakan Mayit," kata Suhairi saat ditelepon, Selasa malam.

Akibat kecelakaan tersebut, satu orang penumpang atas nama Nuriati Zen (57) warga Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung meninggal dunia.

"Penumpang lainnya sebanyak 27 orang mengalami luka ringan, dan empat orang mengalami luka berat dan dirujuk ke rumah sakit di Bandar Lampung," kata Suhairi.

Kronologi kecelakaan

Suhairi mengungkapkan, dari keterangan saksi diketahui bus Penantian Utama bernomor kendaraan BE 7030 FU itu datang dari arah Bandar Lampung dengan tujuan Kecamatan Krui, Kabupaten Pesisir Barat.

"Bus ini penuh, 32 orang termasuk dengan awak bus dua orang," kata Suhairi.

Ketika melintas di lokasi kejadian, setelah melewati Tanjakan Mayit, bus diduga mengalami masalah pengereman.

Menurut Suhairi, kontur jalan menurun dengan tikungan ke arah kiri, sehingga sopir berinisial FI (49) kesulitan mengurangi kecepatan.

"Diduga bus mengalami rem blong ketika di turunan tersebut," kata Suhairi.

Dari keterangan FI, sempat diupayakan mengurangi kecepatan begitu mengetahui ada masalah pengereman dengan cara menurunkan perseneling ke gigi 2 dan 1.

Namun bus sudah terlanjur hilang kendali sehingga terperosok masuk ke jurang sedalam 50 meter yang berada di sisi kanan jalan.

"Selain mengalami rem blong, diduga sopir juga tidak memperhatikan sisi aman kondisi jalan dan mengakibatkan bus masuk jurang," kata Suhairi.

Berikut nama-nama korban yang dihimpun Polsek Bengkunat:

Korban meninggal dunia, Nariati Zen (57) warga Kecamatan Kedamaian, Kota Bandar Lampung.

Korban luka berat; Mike Tati (61), Ramli (65) dan Haryanti.

Luka sedang, FI (49/sopir).

Korban luka ringan; Uminah (60), Yanto (49), Nuraini (65), Yanti (53), Anzurya Beti (58), Emalia (46), Yaya Hidayati (53), Ema Elfiana (26), Rusli Anjar (72), Ami Maryati (59), Ami Maryami (62), dan Atmala Ahyar.

Kemudian, Mastika (59), Dinda Zen (26), Nur (59), Tumaidah (55), Herawati (66), Roi (63), Maimunah (58), Ani Nurdiani, Gustam (64), Zaitunani (62), Rafika Wahyuni, dan Nurlela.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/18/055433978/diduga-rem-blong-bus-terjun-ke-jurang-sedalam-50-meter-di-lampung-1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke