Salin Artikel

Teringat Ibu yang Sudah Tua di Kampung, Jhon Nekat Lompat dari Atas Kapal

Pria berusia 23 tahun itu nekat melompat dari atas kapal karena tidak rela pergi meninggalkan ibunya yang sudah tua sendirian di kampung halaman.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease Ipda Moyo Utomo mengatakan, Jhon nekat melompat dari atas kapal saat kapal tersebut sedang berlayar berada di depan peraiaran Laha, Kecamatan Teluk Ambon.

Moyo mengungkapkan, awalnya Jhon diantar oleh bapaknya, Matheos Saiya, ke atas kapal yang sedang bersandar pelabuhan Yos Sudarso.

Jhon ikut berlayar dengan kapal tersebut dengan tujuan Surabaya bersama seorang kakak perempuannya.

“Pada pukul 05.00 WIT saudara Jhon Saiya naik ke Kapal KM Dorolonda dengan diantar oleh bapaknya. Setelah berada di atas kapal, saudara Jhon Saiya bersama kakak perempuannya langsung menuju ke dek 3 Kapal KM Dorolonda,” kata Moyo, Minggu.

Menurut Moyo, setelah kurang lebih satu jam kapal lepas tambat dari Pelabuhan Ambon, tepatnya saat kapal sedang berada di peraiaran Laha, Jhon dan saudara perempuannya yang selalu mengingat ibu mereka yang sudah tua di kampung itu langsung memilih naik ke dek 7.

“Sekitar Pukul 07.16 WIT saat posisi kapal KM Dorolonda berada di depan Laha tiba-tiba saudara Jhon Saiya bersama seorang kakak perempuannya langsung teringat dengan ibunya yang sudah tua dan tinggal sendirian di Desa Aboru kemudian saudara Jhon Saiya pun tanpa berbicara langsung berjalan naik menuju ke dek 7,” ungkapnya.

Setelah berada di dek 7, Jhon langsung pergi ke tepian kapal dan kemudian melompat ke laut.

Aksi nekat Jhon melompat ke laut itu pun sontak menggegerkan para penumpang di atas kapal tersebut.

“Kapten kapal langsung memutar balik untuk mencari saudara Jhon dan pada pukul 07.35 WIT saudara Jhon di ketemukan dalam keadaan selamat,” katanya.


Setelah ditemukan dalam keadaan selamat, Jhon langsung diantar dengan menggunakan speedboat menuju Pelabuhan Ambon untuk dipulangkan kembali ke keluarganya.

“Setelah itu saudara Jhon Saiya di serahkan kembali ke keluargannya,” ujarnya.

Dari hasil pengakuannya kepada petugas,  Jhon memilih melompat dari atas kapal karena tak tega meninggalkan ibunya di kampung halaman.

“Dia selalu ingat ibunya yang sudah tua di kampung,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/15/143048578/teringat-ibu-yang-sudah-tua-di-kampung-jhon-nekat-lompat-dari-atas-kapal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke