Salin Artikel

Polisi Teliti Benda Diduga Bom Peninggalan PD II yang Ditemukan di Maluku

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah benda diduga bom peninggalan Perang Dunia II ditemukan warga di lokasi pembangunan gedung Gereja Elohim di Piru, ibu kota Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku, Selasa (10/5/2022). Saat ini, benda itu sedang dalam penelitian pihak kepolisian.

Benda mencurigakan itu pertama kali ditemukan oleh seorang pekerja saat sedang melakukan penggalian di lokasi tersebut.

Penemuan itu lantas dilaporkan kepada aparat berwenang. Selanjutnya, petugas yang datang ke lokasi pembangunan gereja langsung mengevakuasi benda yang diduga bom tersebut ke markas Brimob di Piru.

Kepala Kepolisian Resor Seram Bagian Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Dennie Andreas yang dikonfirmasi membenarkan penemuan benda yang diduga bom peninggalan Perang Dunia II tersebut.

“Ya tadi ditemukan para pekerja saat melakukan penggalian di lokasi pembangunan geraja,” katanya saat dihubungi Kompas.com dari Ambon via telepon, Selasa malam.

Dennie belum dapat memastikan apakah benda yang ditemukan itu bom peninggalan Perang Dunia II atau tidak. Saat ini benda tersebut masih diperiksa oleh tim Brimob yang ditugaskan untuk mengevakuasi benda mencurigakan itu.

Setelah ditemukan, benda diduga bom yang beratnya mencapai 50 kilogram langsung dievakuasi untuk diamankan di markas Brimob di Piru.

“Belum tahu pasti tapi pantatnya kaya pipa saja, dia ketutup semen hanya pantatnya yang kelihatan pipa gitu jadi nanti kita pastikan ke Brimob dulu, ini baru diduga mortar. Soalnya dia di dalam semen gitu,” katanya.

Ketua Tim Jihandak Kompi II D Pelopor Piru Aipda Iksan Pattipeilohy menduga, benda yang ditemukan itu bukan bom, tapi lebih mirip mortir.


Namun, untuk memastikan penemuan itu apakah benda tersebut bom atau mortir dan apakah masih aktif atau sudah tidak aktif, pihaknya masih menelitinya.

“Jadi nanti hasil urainya akan disampaikan pimpinan yang bertanggung jawab ke masyarakat atau ke pihak gereja,”ujarnya.

Iksan menambahkan, benda tersebut pertama kali ditemukan para pekerja saat sedang menggali tanah dan menemukan adanya besi panjang. Penemuan itu kemudian dilaporkan kepada aparat kepolisian.

Selanjutnya, aparat Brimob dan TNI yang datang ke lokasi kejadian mengevakuasi benda mencurigakan itu.

"Para pekerja yang curiga dengan besi berukuran besar di dalam tanah lalu mereka laporkan ke polisi,” uajrnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/10/194831678/polisi-teliti-benda-diduga-bom-peninggalan-pd-ii-yang-ditemukan-di-maluku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke