Salin Artikel

Selama Arus Mudik dan Balik, Ada 25 Kecelakaan dan 5 Orang Tewas di Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com - Direktur Lalulintas Polda Bengkulu, Kombes. Pol. Sumardji mengatakan, selama periode lebaran Idul Fitri 1443 H terdapat 25 kasus kecelakaan, 5 orang meninggal dunia.

"Jumlah kecelakaan selama periode arus mudik lebaran ada 25 kasus, 5 (orang) di antaranya meninggal dunia," kata Sumardji usai menghadiri serah terima jabatan Wakapolda Bengkulu yang lama, dari Brigjen Hari Prasodjo ke Brigjen Umardani, Selasa (10/5/2022).

Dikatakan Sumardji 25 kasus itu terdiri dari 12 orang luka berat, 28 orang alami luka ringan, 5 orang meninggal dunia.

Dia mengatakan, salah satu korban meninggal dunia akibat mobil yang ditumpanginya tertimpa pohon tumbang.

"Satu korban meninggal dunia karena badai sebabkan pohon tumbang menimpa mobil yang dikendarai pemudik. Selain itu penyebab kecelakaan didominasi faktor human error dan jalan yang buruk," sebut Sumardji.

Jumlah kasus meninggal dunia dan laka pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 menurun tipis dibandingkan tahun 2021.

Saran untuk pemerintah

Polisi menyarankan agar pemerintah setempat melakukan evaluasi penanganan arus mudik lebaran pada masa mendatang agar pemerintah sesegeranya memperbaiki infrastruktur terutama jalan.

"Sarannya (bagi) pemerintah supaya segera memperbaiki infrastruktur terutama jalan raya tidak boleh ada yang rusak serta berlubang," ungkapnya.

Selain itu juga perlunya edukasi taat pada aturan lalulintas untuk masyarakat harus massif dilakukan.

"Terakhir pemantauan dan penanganan sejumlah jalan yang banyak ditemui pepohonan yang mengancam pengguna jalan dapat ditingkatkan," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/10/112101978/selama-arus-mudik-dan-balik-ada-25-kecelakaan-dan-5-orang-tewas-di-bengkulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke