Salin Artikel

Update Arus Balik Tol Cipali Minggu Siang, Lalu Lintas Ramai Lancar dan Imbauan Hindari Kemacetan

KOMPAS.com - Kondisi arus balik Lebaran 2022 pada Minggu (08/05/2022) di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 70, Purwakarta, Jawa Barat, terpantau ramai lancar di kedua jalur.

Dilansir dari Breaking News KompasTV, kendaraan yang melintas di Tol Cipali didominasi mobil pribadi dan juga bus.

Rekor tertinggi arus lalu lintas terjadi pada Sabtu (07/05) malam, sebanyak 170.000 kendaraan melintas dari Cipali ke Jakarta.

"Kita menghitung dari hari ke hari, dari dua hari yang lalu masih 63 persen, turun lagi menjadi 55 persen, 50 persen dan sekarang ini masih ada kurang lebih ada 47 persen yang belum kembali," kata Menteri Perhubungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Minggu (8/5/2022).

Seperti diketahui, Budi Karya Sumadi bersama Kapolda Jawa Barat Irjen Suntana sempat meninjau kondisi arus balik di Tol Cikopo pada hari ini Minggu (8/5/2022).

"Bayangkan kalau itu berlangsung malam ini. Oleh karenanya satu sisi kami berkoordinasi untuk menyiapkan sarana prasarana," katanya, dilansir dari Tribunnews.com.

Secara terpisah, pihak pengelola Tol Cipali mnejelaskan, kendaraan yang melintas mengalami peningkatan yang signifikan sejak tiga hari terakhir.

Tercatat sebanyak 6.500 melintas setiam jamnya. Kondisi ini telah melebihi kapasitas tol yang hanya 4.700 mobil per jam biasanya.

Ketersendatan kendaraan hanya terjadi di beberapa titik terutama saat memasuki rest area atau tempat peristirahatan.

Pihak kepolisian juga mengimbau pengendara agar tetap hati-hati selama perjalanan mudik. Pengendara juga diingatkan agar tidak berhenti di bahu jalan karena berbahya dan dapat menimbulkan kepadatan.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Menhub Tinjau Arus Balik di Tol Cikopo, Terus Imbau Pemudik Tunda Kembali ke Jakarta Besok atau Lusa

https://regional.kompas.com/read/2022/05/08/162925678/update-arus-balik-tol-cipali-minggu-siang-lalu-lintas-ramai-lancar-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke