Salin Artikel

Kebakaran Pabrik di Gresik, 7 Jam Lebih Api Belum Dapat Dipadamkan

GRESIK, KOMPAS.com - Pabrik kayu PT Aneka Loka Nusa Utama yang terletak di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Gulomantung, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur, tiba-tiba terbakar.

Banyaknya material yang mudah terbakar di lokasi, membuat api cepat membesar hingga menghanguskan tiga bangunan gudang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarla) Gresik, Agustinus Halomoan Sinaga mengatakan, kebakaran pada pabrik kayu tersebut sudah terjadi sejak pagi dari kabar yang berkembang.

Namun, pihaknya baru mendapat laporan mengenai adanya kejadian kebakaran tersebut Minggu (8/5/2022), sekitar pukul 08.23 WIB.

"Kami baru dapat laporan pada pukul 08.23 WIB, dan langsung kami tindak lanjuti dengan mendatangi lokasi," ujar Sinaga, kepada awak media di lokasi kejadian, pada Minggu.

Banyaknya material yang mudah terbakar di lokasi baik berupa tumpukan kayu, serbuk kayu, tinner, hingga beberapa peralatan yang digunakan untuk proses produksi, membuat api dengan cepat membesar.

Sehingga, dibutuhkan tenaga ekstra dari petugas, untuk dapat memadamkan api.

"Kami menerjunkan enam mobil pemadam dan lima mobil suplai air. Dibantu dari Pemadam Kebakaran Surabaya, empat unit mobil pemadam," ucap Sinaga.


Sampai pukul 15.34 WIB proses pemadaman api masih terus berlangsung, sehingga petugas belum dapat menyimpulkan penyebab kejadian kebakaran.

Meski demikian, tidak sampai ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi.

"Ini sudah hampir tujuh jam lebih, dan api belum benar-benar padam. Tidak sampai ada korban jiwa, sebab hari ini kebetulan libur, tidak ada karyawan yang bekerja," kata Sinaga.

Belum dapat diketahui berapa kerugian yang dialami, akibat kebakaran yang terjadi, lantaran proses pemadaman api masih berlangsung.

Sementara pemilik pabrik, masih dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/08/161550678/kebakaran-pabrik-di-gresik-7-jam-lebih-api-belum-dapat-dipadamkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke