Salin Artikel

17.000 Wisatawan Tumplak di Lembang, Polisi Berlakukan Rekayasa "One Way" 8 Kali

BANDUNG BARAT, KOMPAS.com - Arus kendaraan di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), meningkat pada H+1 Lebaran, pada Selasa (3/5/2022).

Polisi sedikitnya sudah melakukan rekayasa one way sebanyak 8 kali.

Rekayasa tersebut dilakukan setelah ada antrean kendaraan mengular dengan ekor sampai batas kota.

"Untuk hari ini dari pukul 08.00 sudah 8 kali melakukan one way dari bawah ke atas (Kota Bandung-Lembang), ini kami fokuskan untuk pengunjung yang akan ke Lembang," kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto, Selasa.

Polisi mencatat, jumlah kendaraan yang masuk ke kawasan obyek wisata Lembang mencapai 17.000 dan yang keluar sebanyak 15.000 kendaraan.

"Ini artinya dari kemarin memang ada sisa wisatawan yang menginap di Lembang, kemudian untuk hari ini kami melakukan cara berindak (CB) one way," sebut Sudirianto.

Dari pantauan di lokasi, antrean kendaraan wisata yang masuk ke kawasan Lembang didominasi oleh kendaraan dari Jakarta.

Beberapa kendaraan luar daerah lainnya juga turut meramaikan kepadatan arus lalu lintas.

Sudirianto menyampaikan, rekayasa one way tersebut perlu diterapkan karena pada H+1 Lebaran ini ada peningkatan volume kendaraan 20 hingga 30 persen jika dibandingkan saat hari H Lebaran.

Peningkatan volume kendaraan tersebut diprediksi akan terus terjadi karena pasti banyak wisatawan luar daerah maupun lokal yang nantinya bakal berwisata ke kawasan obyek wisata Lembang.

"Ini peningkatan kendaraan diperkirakan akan terus berlanjut sampai hari Minggu karena kami ketahui bahwa libur Lebaran sampai tanggal 9 Mei," tutup dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/03/115836678/17000-wisatawan-tumplak-di-lembang-polisi-berlakukan-rekayasa-one-way-8

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke