Salin Artikel

Dugaan Keracunan Buka Bersama di Solo Menyebar ke Karanganyar, Korban Bertambah 15 Orang

SOLO, KOMPAS.com - Korban dugaan keracunan menu buka bersama di masjid kawasan Pucang Sawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, bertambah hingga lintas wilayah Kabupaten Karanganyar.

Diketahui, belasan warga Dusun Kricikan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, mengalami gejala keracunan setelah mendapat menu buka bersama yang dibawa ustaz dari masjid kawasan Pucang Sawit itu.

Kepala Puskesmas Gondangrejo, Akhirudin Sam mengatakan, saat ini telah menerima belasan laporan orang dengan gejala keracunan itu.

"Iya, ada 15 orang, ini kami sedang melakukan pengecekan. Tadi dikasih informasi dari Pak Kapolsek, dan kami akan periksa kondisi kesehatan masyarakat terlebih dahulu," singkat Akhirudin, saat dikonfirmasi, pada Senin (2/5/2022).

Kepala Desa Rejosari Agus Supadiyono mengatakan, belasan warga diduga keracunan mengonsumsi makanan yang sama oleh puluhan warga yang berada di Kelurahan Pucangsawit, Solo itu.

"Makanannya sama dengan yang dimakan di Pucangsawit, kebetulan salah satu ustaz atau kiai yang saat itu datang ke masjid di wilayah tersebut membawa makanan yang sama dengan yang ada di Solo itu. Kalau yang di Solo itu untuk acara buka bersama, kalau yang di sini itu untuk acara tawarkan, warga mengkonsumsinya Sabtu (30/5/2022) malam," kata Supadiyono.

Terkait kondisi warganya, Agus mengaku beberapa warga sebelumnya sempat mengalami gelaja keracunan, seperti muntah dan mual.

"Alhamdulillah sampai saat ini belum ada yang dibawa ke puskesmas atau rumah sakit. Beberapa sudah membaik, tapi beberapa saat ini masih merasakan mual dan pusing-pusing, tapi mendapat perawatan medis di rumah," ungkap dia.


Pihak kepolisian, Kecamatan Gondangrejo, bersama dengan tim kesehatan dari Puskesmas Gondangrejo, saat ini masih melakukan pendataan dan memeriksa sejumlah saksi.

Serta melakukan pemeriksaan dan identifikasi terhadap sisa makanan yang sebelumnya di konsumsi oleh warga.

Diberitakan sebelumnya, seratus warga menyantap hidangan menu buka bersama di masjid kawasan Pucang Sawit, pada Sabtu (30/5/2022).

Selanjutnya pada Minggu (1/5/2022), ada sekitar 49 warga yang mengalami gejala keracunan seperti muntah, mual dan pusing, dilarikan di Rumah Sakit Peduli Solo dan Rumah Sakit Moewardi Kota Solo.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/02/114145978/dugaan-keracunan-buka-bersama-di-solo-menyebar-ke-karanganyar-korban

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke