Salin Artikel

Umat Islam Pengikut Aboge di Banyumas Rayakan Idul Fitri Rabu 4 Mei

Pasalnya berdasarkan perhitungan yang diyakini secara turun-temurun, Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah akan jatuh di tanggal tersebut.

Sesepuh pengikut Aboge di Desa Cibangkong, Kecamatan Pekuncen, Banyumas, Santibi menjelaskan, dalam perhitungan Aboge tahun 2022 bertepatan dengan tahun Jawa Alip atau Alif.

"Dalam rumus Aboge, awal tahun Alip atau 1 Muharam jatuh pada hari pasaran Rebo (Rabu) Wage," kata Santibi kepada wartawan, Minggu (1/5/2022).

Dengan rumus tersebut, lanjut Santibi, maka awal Syawal tahun ini dihitung dengan rumus Waljiro yang merupakan kependekan dari syawal siji loro (syawal satu dua).

Syawal siji loro artinya yaitu hari pertama dan pasaran kedua dari Rabu Wage.

“Maka 1 Syawal nanti jatuh pada hari Rabu Kliwon. Begitupun tahun berikutnya sudah ada rumus baku yang telah ada turun temurun," ucap Santibi.

Selain di desa tersebut, umat Islam pengikut Aboge antara lain terdapat di Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon dan Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang.

Sebelumnya, umat Islam pengikut Aboge di Banyumas juga baru memulai ibadah puasa Senin (4/3/2022) atau selisih satu hari dibanding penetapan pemerintah.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/01/125339078/umat-islam-pengikut-aboge-di-banyumas-rayakan-idul-fitri-rabu-4-mei

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke