Salin Artikel

Ini Jalur Alternatif Menuju Pelabuhan Merak agar Tak Terjebak Macet

CILEGON, KOMPAS.com - Situasi arus lalu lintas di Gerbang Tol Tangerang-Merak hingga Pelabuhan Merak macet parah, Sabtu (30/4/2022).

Adapun antrean kendaraan mencapai 20 kilometer.

Untuk menghindari kemacetan tersebut, pemudik bisa melalui jalur alternatif Bojonegara-Merak yang lebih lancar kondisi lalu lintas.

Jika ingin melalui jalur tersebut, pemudik dari arah Jakarta dapat keluar di Gerbang Tol Cilegon Timur, lalu mengambil arah ke jalan nasional Bojonegara-Puloampel-Merak.

Nantinya, pemudik hanya membutuhkan waktu dengan estimasi 50-60 menit sampai di Pelabuhan Merak dengan jarak 31 kilometer.

Pemudik akan melewati PLTU Suralaya, Pelabuhan Bojonegara dan Pelabuhan PT Indah Kiat sebelum sampai di Pelabuhan Merak.

Salah satu pemudik asal Depok, Giri Eko Prastyo sudah mencoba jalur alternatif tersebut.

Ia menceritakan kondisi arus lalu lintas di jalur Bojonegara hingga Pelabuhan Merak lancar dan situasi jalan sudah bagus.

"Tadi cuma satu jam dari keluar Cilegon Timur sampai Pelabuhan Merak. kondisinya sepi, lancar cuma ada truk-truk besar saja," kata Giri kepada Kompas.com, Sabtu.

Giri yang akan mudik ke Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan itu lebih memilih jalur tersebut karena dianggap lebih cepat sampai dibandingkan harus melalui Gerbang Tol Merak.

"Dibanding lewat gerbang tol merak, saya enggak yakin siang ini bisa sampai pelabuhan. Pasti kena macet," ujar Giri.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, kondisi antrean kendaraan terjadi sejak pintu masuk pelabuhan hingga masuk ke Tol Tangerang Merak Km 90.

Tak hanya jalan tol, jalan non-tol pun macet akibat pengalihan arus lalu lintas dari tol melalui Gerbang Tol Serang Barat.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/30/135047178/ini-jalur-alternatif-menuju-pelabuhan-merak-agar-tak-terjebak-macet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke