Salin Artikel

Jelang Tengah Malam, Pelabuhan Merak Masih Dipadati Pemudik

Rian Winarta, Jurnalis KompasTV, melaporkan, kepadatan antrean di Pelabuhan Merak sudah terjadi sejak siang hari dan terus meningkat hingga malam hari.

Saat berita dilaporkan, ketujuh dermaga di Pelabuhan Merak masih sibuk melakukan bongkar muat kendaraan, baik yang baru saja tiba maupun yang hendak diberangkatkan ke Pelabuhan Bakauheni.

"Seluruh dermaga tengah melakukan bongkar muat kendaraan yang datang maupun yang akan berangkat," katanya, Jumat malam.

KompasTV melaporkan, sejumlah antisipasi sudah dilakukan oleh pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan setempat untuk mengendalikan kepadatan kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak.

"Pihak yang berwenang telah melakukan skenario buka tutup di ruas Tol Merak dan juga arteri Cikuasa Atas. Jika kapasitas kendaraan di Pelabuhan Merak dirasa sudah cukup, maka ruas tol akan ditutup lallu akan dibuka kembali setelah volume kendaraan di setiap dermaga sudah berkurang," demikian dilaporkan.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari PT ASDP, selain karena volume kendaraan yang terus tinggi sejak siang hari, kepadatan terjadi karena masih ada pemudik yang belum memahami cara pemesanan tiket secara online.

"Jadi tidak sedikit pemudik yang datang ke Pelabuhan Merak Banten untuk membeli tiket, sementara tiket sudah bisa dibeli secara online atau di gerai atau mitra yang ada di sepanjang jalan menuju Merak. Pemudik tidak boleh datang ke pelabuhan tanpa membeli tiket yang sudah dibeli sebelumnya," demikian dilaporkan.

Oleh karena itu, PT ASDP mengimbau pemudik untuk membeli tiket terlebih dahulu dan datang ke Pelabuhan Merak sesuai jadwalnya.

PT ASDP mencatat, berdasarkan data yang dihimpun dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB hari ini, ada sekitar 89.700 penumpang, 9.000 unit kendaraan roda empat dan 3.700 roda dua yang sudah diberangkatkan menuju Bakauheni.

Jika diakumulasikan dari H-10 hingga hari ini, tercatat sudah sekitar 500.000 pemudik, 87.700 unit roda empat dan 10.000 roda dua yang berangkat dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/30/000025978/jelang-tengah-malam-pelabuhan-merak-masih-dipadati-pemudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke