Salin Artikel

Amankan Lebaran, 1.021 Personel Polda Sulut Diterjunkan

MANADO, KOMPAS.com - Operasi Ketupat Samrat 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri di Sulawesi Utara (Sulut) resmi dimulai, Kamis (28/4/2022).

Kepolisian Daerah (Polda) Sulut mengerahkan 1.021 personel untuk mengamankan sejumlah titik. 

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulut, Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, Operasi Ketupat dilaksanakan serentak di Indonesia selama 12 hari, yakni mulai 28 April hingga 9 Mei mendatang.

"Pelaksanaan Operasi Ketupat Samrat-2022 di wilayah hukum Polda Sulut melibatkan total 1.021 personel. Dengan perincian, Polda Sulut sebanyak 213 personel, sedangkan Polresta dan Polres jajaran 808 personel," ujarnya, Kamis (28/4/2022).

Dalam Operasi Ketupat Samrat-2022 ini, Polresta dan Polres jajaran Polda Sulut mendirikan sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu.

"Totalnya di seluruh Polresta dan Polres jajaran Polda Sulut, jumlah pos pengamanan sebanyak 53, kemudian pos pelayanan 24, dan pos terpadu 11. Untuk personel yang bertugas di pos-pos tersebut selain dari Polri turut melibatkan dari TNI, pemerintah daerah, serta instansi terkait lainnya," jelas Jules.

Di samping itu, juga akan dilakukan pengamanan di sejumlah lokasi, antara lain masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, dan bandara, serta lokasi strategis lainnya.

"Pengamanan tersebut sebagai wujud sinergi antara Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman, nyaman, dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H," ujarnya.

Jules mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi aturan lalu lintas dan protokol kesehatan (prokes) saat mudik Lebaran maupun perayaan Idul Fitri.

"Saat perjalanan mudik agar tetap mematuhi tata tertib lalu lintas. Jika lelah atau mengantuk silahkan beristirahat, termasuk jika membutuhkan bantuan petugas bisa mendatangi pos pengamanan, pos pelayanan ataupun pos terpadu terdekat. Kemudian tetap patuhi prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/28/194525178/amankan-lebaran-1021-personel-polda-sulut-diterjunkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke