Salin Artikel

Semua Barang yang Diminta Danramil Jayapura Utara ke Pedagang Akan Dikembalikan, TNI Minta Maaf

Herman juga telah meminta agar semua surat permintaan bantuan yang dikirimkan oleh Koramil Jayapura Utara ke pemilik usaha untuk ditarik.

Seperti diketahui, Koramil Jayapura Utara pada 26 April 2022, membuat dan mengirimkan surat yang ditujukkan ke pemilik usaha di wilayah Jayapura.

Surat yang ditandatangani oleh Danramil Jayapura Utara, Kapten Inf Yubelinus Sumbiak tersebut, berisi permintaan bantuan minuman kaleng dan air mineral.

"Bahwa benar terdapat surat permintaan bantuan dan partisipasi untuk meminta bantuan minuman kaleng dan meneral untuk masyarakat kurang mampu di wilayah Jayapura Utara oleh Danramil 1701-02/Japut. Namun, saat ini telah ditarik karena tanpa sepengetahuan atau tanpa ada perintah dari Dandim 1701/Jayapura, sehingga telah menindak pejabat Danramil tersebut," ujar Herman, melalui keterangan tertulis, Rabu (27/4/2022).

"Dandim 1701/Jayapura telah memerintahkan Danramil 1701-02/Japut untuk menarik surat tersebut dan mengembalikan semua bantuan yang telah diterima oleh Koramil 1701-02/Japut," ujar Herman menambahkan.

Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad) juga memberikan pernyataan terkait surat tersebut.

Mabes TNI menyampaikan permohonan maaf atas tindakan Danramil 1701-02/Jayapura Utara Kapten Inf Yubelinus Simbiak.


“Kami juga mengimbau kepada semua pihak, apabila menemui hal-hal atau kejadian yang merugikan dilakukan oleh prajurit TNI AD, dimohon untuk melaporkan atau mengkonfirmasi kepada satuan TNI AD terdekat,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/2022) malam.

Tatang menyatakan, TNI AD sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan Yubelinus.

Ia juga memastikan bahwa akan ada sanksi atas tindakan yang dilakukan Yubelinus karena telah mencoreng nama baik TNI.

Sebelumnya diberitakan, beredar foto surat permintaan bantuan dari Koramil Jayapura Utara di Twitter terkait permintaan bantuan.

Dalam surat yang ditujukkan ke pedagang di Jayapura, Koramil Jayapura Utara meminta agar pedagang memberikan bantuan berupa minuman kaleng dan air mineral. (Penulis Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi | Editor Priska Sari Pratiwi)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/27/174201878/semua-barang-yang-diminta-danramil-jayapura-utara-ke-pedagang-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke