Salin Artikel

Tinggi Gelombang di Perairan Aceh Bisa Capai 4 Meter Saat Cuaca Buruk, BMKG Minta Nelayan Waspada

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Povinsi Aceh mengingatkan agar nelayan di perairan Aceh waspada akan cuaca buruk selama tiga hari ke depan.

Pasalnya, tinggi gelombang di perairan Aceh diperkirakan mencapai 4 meter. Kondisi itu sudah membahayakan bagi perahu kecil nelayan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun I Sultan Iskandar Muda, Zakaria, menyebutkan ketinggian gelombang laut 4 meter itu dipicu faktor angin kencang di perairan Aceh.

"Saat ini memang ketinggian gelombang laut Aceh sangat tinggi, sehingga sangat rawan terjadinya kecelakaan. Alangkah baiknya nelayan untuk berhenti melaut sementara waktu," saran Zakaria melalui telepon, Rabu (27/4/2022).

Dia mengingatkan, apabila nelayan masih memilih tetap ingin melaut, maka harus dilengkapi dengan sejumlah peralatan keselamatan, seperti pelampung dan lainnya.

"Kan tidak semua kapal bisa menerobos gelombang setinggi empat meter itu," katanya.

Dia mengingatkan, apabila saat melaut, tiba-tiba melihat awan berubah menjadi gelap maka lebih baik langsung menepi ke darat atau berada di tempat yang lebih aman dan jangan berlayar sampai ke tengah, karena hal tersebut merupakan gejala angin kencang.

Angin kencang yang melanda wilayah Aceh tersebut diakibatkan oleh peralihan dari angin timur ke angin barat, karena angin barat kecepatannya lebih tinggi sehingga berpengaruh terhadap ketinggian gelombang.

"Maka kami imbau agar waspada melaut dalam kondisi gelombang tinggi dan angin kencang ini," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/27/163609278/tinggi-gelombang-di-perairan-aceh-bisa-capai-4-meter-saat-cuaca-buruk-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke