Salin Artikel

Lokasi Vaksin Booster di Padang Saat Lebaran 2 dan 3 Mei 2022

PADANG, KOMPAS.com - Saat lebaran Idul Fitri nanti, pemerintah Kota Padang Sumatera Barat tetap menyediakan tempat vaksinasi booster bagi masyarakat.

"Untuk tanggal 2 Mei sampai 3 Mei 2022 hanya sembilan Puskesmas yang buka dan melayani vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Srikurnia Yati, Rabu (27/4/2022) melalui telepon.

Kesembilan Puskesmas di Kota Padang yang melayani vaksinasi selama lebaran adalah:

Srikurnia mengatakan, secara keseluruhan di Kota Padang ada 24 Puskesmas. Namun saat lebaran hanya sembilan Puskesmas yang buka.

"Jadi yang buka itu hanya puskesmas yang memiliki IGD. Sementara itu, saat cuti bersama semua puskesmas masih tetap buka seperti biasanya," katanya.

Dia menyampaikan, jumlah penerima vaksinasi booster di Kota Padang Sumatera Barat meningkat selama bulan Ramadhan ini. Peningkatan tersebut juga dipengaruhi dijadikannya vaksinasi booster sebagai syarat mudik.

"Iya, memang banyak masyarakat yang vaksin booster selama bulan Ramadhan ini," ungkapnya.

Saat ini jumlah penerima vaksinasi booster di Kota Padang sudah mencapai angka 11,48 persen atau 73.726 orang yang sudah menerima.

"Sebelum bulan puasa angka penerima vaksinasi booster di angka 5 persenan. Namun hingga saat ini sudah mencapai 11,48 persen," katanya.

Untuk dosis satu sudah mencapai angka 95,5 persen dan dosis kedua sudah mencapai 74,4 persen. Target vaksinasi di Kota Padang yaitu sebanyak 800 ribu orang.

"Kita akan terus menggeber vaksinasi ini. Untuk itu bagi masyarakat yang belum vaksin agar segera divaksin," katanya.

Lebih jauh dikatakan Sri Kurnia Yati, salah satu lambatnya vaksinasi booster di Kota Padang adalah masa tunggu setelah vaksinasi kedua yang cukup lama.

"Saat ini masyarakat sudah cukup bagus dalam vaksinasi. Jarak antar vaksin dosis kedua dengan booster yang mencapai tiga bulan, menjadi salah satu penyebab masih lambatnya vaksinasi booster," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/27/132156278/lokasi-vaksin-booster-di-padang-saat-lebaran-2-dan-3-mei-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke