Salin Artikel

4 Orang Jadi Tersangka Meledaknya Petasan yang Menyebabkan Satu Rumah di Sleman Hancur

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Polisi menetapkan empat orang tersangka dalam peristiwa meledaknya petasan di Plosokuning V, Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Akibat peristiwa yang terjadi pada Jumat (22/04/2022) ini, satu rumah hancur.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengatakan, telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi-saksi.

"Setelah dilakukan olah TKP dan ditemukan beberapa barang bukti, akhirnya Polres Sleman telah menetapkan empat orang sebagai tersangkanya," ujar Ade Ary Syam Indradi, pada Senin (25/4/2022).

Empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka yakni ADS yang berstatus sebagai mahasiswa, MDA pegawai honorer, MFI pekerja cleaning service dan EOP seorang karyawan.

Keempat orang tersebut merupakan warga Ngaglik, Kabupaten Sleman.

"Diduga mereka membeli, menyimpan, meracik bahan-bahan berbahaya yang akhirnya meledak pada hari itu. Yang menimbulkan kerugian pada sebuah rumah milik Bapak M," tutur dia.

Ade mengatakan, bahan-bahan untuk membuat petasan tersebut dibeli secara terpisah melalui online.

Bahan-bahan tersebut kemudian disimpan di rumah milik M.


Dari olah TKP di lokasi juga ditemukan sejumlah barang bukti dua petasan ukuran besar masing-masing 1 kilogram dan tiga renteng petasan yang isinya 20 sampai 25.

Selain itu, ditemukan antara lain kertas untuk membuat petasan, belerang black powder, sumbu petasan dan alumunium metal powder.

"Terhadap keempat tersangka kami persangkakan Pasal 1 UU Nomor 12 Tahun 1951 tentang UU Darurat dengan ancaman pidana 20 tahun. Saat ini, sedang diproses oleh Polres Sleman," ujar dia.

Ade mengimbau agar masyarakat tidak meracik atau membuat petasan. Sebab, dampaknya bisa membahayakan.

"Kami berharap masyarakat tidak lagi membuat mercon ini yang dampaknya berbahaya. Rumah bisa rusak apalagi kalau kena tubuh manusia. Dan apabila ini nanti rencana akan diledakkan untuk memperingati hari tertentu, ini juga kegiatan yang kurang baik, tolong jangan diteruskan," ujar dia.

Seperti diberitakan sebelumnya satu rumah di RT 022 RW 009 Plosokuning V, Minomartani, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, hancur diduga akibat ledakan petasan.

Tak hanya itu, ada delapan rumah yang ada dekat disekitar lokasi mengalami rusak berat dan ringan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/25/162644678/4-orang-jadi-tersangka-meledaknya-petasan-yang-menyebabkan-satu-rumah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke