Salin Artikel

61 Kg Bahan Petasan di Kebumen Dimusnahkan, Tahun Lalu Renggut 4 Nyawa

KEBUMEN, KOMPAS.com - 61 kilogram bahan petasan dimusnahkan usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2022 di Kebumen, Jawa Tengah pada Jumat (22/4/2022).

Dalam kegiatan yang digelar di Pendapa Kabumian ini, juga dimusnahkan ribuan botol minuman keras (miras) dan ratusan liter miras oplosan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto selaku pembina upacara mengaku prihatin dengan masih ditemukannya bahan petasan.

Padahal tahun lalu, tepatnya pada malam Lebaran empat orang di Kebumen tewas akibat terkena ledakan saat membuat petasan.

"Kita cukup prihatin masih menemukan bahan petasan di Kebumen, dan Polres Kebumen alhamdulillah berhasil menyita 61 kilogram bahan petasan," kata Arif.

"Kita harus paham betul tahun lalu malam lebaran, ada empat meninggal karena petasan. Tahun ini jangan sampai terulang lagi, bagi yang masih menemukan bisa langsung melaporkan ke kepolisian," tegas Arif.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama mengatakan, sedang dilaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi menjelang Operasi Ketupat Candi.

Pihaknya menyita menyita 2.286 botol miras berbagai merek, 756 liter miras oplosan, dan 61 kilogram serbuk petasan serta 29 petasan berbagai ukuran disita petugas.

"KRYD digelar selama dua minggu, sekaligus sebagai cipta kondisi sebelum Operasi Ketupat Candi. Ini tentunya keberhasilan kita bersama di lapangan, sinergitas bersama dengan TNI, Satpol PP serta instansi terkait," kata Piter.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/23/142623878/61-kg-bahan-petasan-di-kebumen-dimusnahkan-tahun-lalu-renggut-4-nyawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke