Salin Artikel

Pemudik, Ini Lokasi Rawan Macet dan Pasar Tumpah Jalur Mudik di Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.com - Sejumlah titik kemacetan dan pasar tumpah di jalur mudik di Provinsi Lampung telah dipetakan Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Lampung.

Titik-titik rawan kemacetan itu berada di jalur arteri Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) mulai dari Lampung Selatan hingga Kabupaten Mesuji.

Direktur Ditlantas Polda Lampung Komisaris Besar Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, berdasarkan pemetaan sementara terdapat 6 titik rawan macet dan pasar tumpah di sepanjang jalur arteri tersebut.

"Untuk pasar tumpah itu ada di Bandar Jaya, Lampung Tengah dan Pasar Unit II di Tulang Bawang," kata Romdhon usai apel Operasi Ketupat Krakatau 2022 di Mapolda Lampung, Jumat (22/4/2022).

Sedangkan titik rawan kemacetan di Jalinsum yakni di exit Pelabuhan Bakauheni (Lampung Selatan) dan Tugu Pengantin KM24 Gedung Tataan (Pesawaran).

Kemudian KM 63 - 65 Bandar Jaya yang merupakan jalur melintasi Pasar Bandar Jaya (Lampung Tengah), Tanjakan Cakat Raya KM 128 - 129 Tulang Bawang, dan Pasar Unit II KM 145 Tulang Bawang.

Lalu Pantai Mutun yang berada di jalur wisata pesisir pantai Kabupaten Pesawaran diprediksi rawan kemacetan pasca lebaran.

"Kami sudah siapkan anggota dari masing-masing polres untuk bersiaga di lokasi tersebut," kata Romdhon.

Romdhon mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan kantung parkir antisipasi lonjakan kendaraan pada arus mudik 2022 sekarang.

Kantung parkir ini disiapkan sebagai antisipasi penumpukan kendaraan yang ingin melalui jalan tol Lampung.

"Kita nanti siapkan beberapa kantung parkir," kata Romdhon.

Beberapa kantung parkir itu berada di rest area dan area parkir Pelabuhan Bakauheni dan jalan menuju pintu tol pelabuhan.

"Kita optimalkan rest area. Baru, jika rest area penuh kita alihkan ke jalur menuju gerbang tol," kata Romdhon.

Hutama Karya tambah toll gate

Sementara itu, Kepala Cabang ruas Bakter (Bakauheuni - Terbanggi Besar) Hanung Hanindito mengatakan, pihak pengelola tol menambah toll gate di Gerbang Tol Bakauheni Selatan pada arus mudik nanti.

"Untuk antisipasi melonjaknya pemudik sudah disiapkan gerbang tol tambahan di Gerbang Tol Bakauheni Selatan," kata Hanung.

Hanung menjelaskan, toll gate ini sebenarnya sudah disiapkan untuk antisipasi arus mudik pada tahun 2020 - 2021 lalu.

Namun karena pandemi baru tahun ini bisa digunakan.

Hanung mengatakan toll gate tambahan tersebut berjumlah dua gardu, sehingga total toll gate di Gerbang Tol Bakauheni Selatan berjumlah empat gardu masuk dan tiga gardu keluar.

Penambahan juga dilakukan di Gerbang Tol Kota Baru yang merupakan akses masuk ke Kota Bandar Lampung.

"Total gardu masuk di Tol Kota Baru berjumlah dua gardu dan tiga gardu keluar," kata Hanung.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/22/121431778/pemudik-ini-lokasi-rawan-macet-dan-pasar-tumpah-jalur-mudik-di-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke