Salin Artikel

[POPULER REGIONAL] Tragedi Alfamart Gambut Ambruk di Banjar | Mahasiswa Kedokteran UB Dibunuh Ayah Tiri Kekasih

KOMPAS.com - Minimarket Alfamart Gambut di Kalimantan Selatan (Kalsel) ambruk dan menimpa belasan orang, Senin (18/4/2022).

Sejumlah warga mengaku sempat mendengar suara keras seperti tabrakan sebelum Alfamart yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kilometer 14, ambruk dan rata dengan Tanah, Senin (18/4/2022).

Setidaknya petugas gabungan menemukan tiga orang tewas di antara puing-puing bangunan Alfamart itu.

Berikut ini berita populer regional secara lengkap:

Kepala Bidang Humas Polda Kalsel Kombes M Rifai menjelaskan, ada 15 orang yang tertimbun.

Lalu, setelah proses evakuasi, ada tiga orang ditemukan tewas. Petugas dan relawan masih melakukan pencarian empat orang yang diduga masih tertimbun.

"Korban selamat semuanya sudah di rumah sakit," jelasnya.

Dari data sementara di tim gabungan, ada delapan orang berhasil diselamatkan.

Insiden Alfamart Gambut roboh membuat panik sejumlah warga sekitar. Salah satu saksi yang bernama Kaymila (30) mengatakan, bangunan Alfamart sempat miring lalu ambruk.

"Kedengaran sampai ke seberang sini, saya kira awalnya kecelakaan lalu lintas. Lalu saya lihat toko Alfamartnya itu miring ke kiri, sampai ambruk," katanya, dikutip dari BanjarmasinPost.

Hal serupa juga dialami oleh Ilham (15), penjaga konter pulsa di seberang Alfamart.

Saat itu dirinya melihat debu mengepul ke atas beberapa saat setelah Alfamart ambruk.

Terkait insiden Alfamart Gambut, pihak Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengaku prihatin dan dan berbelasungkawa atas peristiwa tersebut.

Pihaknya pun berjanji akan menanggung Alfamart biaya pengobatan dan santunan kepada para korban.

"Kita sama-sama berdoa karena saat ini masih dilakukan evakuasi atas korban yang dibantu oleh Polda Kalsel, Basarnas, Polres Banjar, damkar, dan relawan," ujar Solihin, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Teka-teki kasus pembunuhan mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang Bagus Prasetyo Lazuardi (26) akhirnya terungkap.

Polisi telah menangkap seorang tersangka berinisial ZI (37), yang tak lain adalah ayah tiri dari kekasih korban.

"Pelaku cemburu melihat anak angkatnya dekat dengan korban. Karena pelaku ternyata juga suka dengan korban yang tidak lain adalah anak tirinya sendiri," kata Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim AKBP AKBP Lintar Mahardhono kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Soal proyek jalan tol, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan tidak akan melepaskan tanah milik Keraton Yogyakarta atau Sultan Ground (SG).

Menurutnya, jika kedua tanah itu habis dijual maka Yogyakarta tidak memiliki keistimewaan.

"Lho, salah satu dasar keistimewaan itu kan tanah Sultan Ground dan Pakualaman Ground. Lha nek entek istimewane, opo meneh (kalau habis istimewanya, apa lagi)," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (18/4/2022).

(Penulis: Kontributor Banjarmasin, Andi Muhammad HaswarKontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo, Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief, Pythag Kurniati, David Oliver Purba, Ardi Priyatno Utomo)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/19/055300478/-populer-regional-tragedi-alfamart-gambut-ambruk-di-banjar-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke