Salin Artikel

Gelaran Asean Para Games di Solo Diundur Sepekan, 2 Venue Diganti Baru, Tetap Dihadiri 1648 Atlet

SOLO, KOMPAS.com - Perhelatan ASEAN Para Games XI Indonesia di Kota Solo, Jawa Tengah, diundur sepekan dari jadwal sebelumnya.

Wakil Sekjen (Sekertaris Jendral) National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengatakan, rencana awal pemerintah pada 23 hingga 30 Juli 2022, kini berubah menjadi 31 Juli hingga 6 Agustus 2022, mendatang.

"Perkembangannya adalah tanggalnya baru. Ya jadi opening tanggal 30 Juli hingga tanggal 6 Agustus. Kemudian, venue ada yang berubah juga," kata Rima di Kota Solo, pada Kamis (14/4/2022).

Rima mengatakan, venue dua cabang olahraga yang berubah yakni basket dan tenis meja.

"Basket nanti bukan di Sritex tapi di RM Said Karanganyar. Kemudian, tenis meja juga di berpindah ke De'Tjolomadoe, Colomadu Karanganyar. Kemudian, kami sudah menyusun master plan atau rencana induk yang akan di segera dibagikan ke kementerian," kata dia.

Untuk kementerian terkait, yang dimaksud yakni tahapan rancangan Peraturan Presiden (Perpres) terakhir untuk harmonisasi dan sinkronisasi untuk pembentukan organizing committee.

"Mudah-mudahan segera selesai sehingga setelah ditandatangani Bapak Presiden atau organizing committee akan segera terbentuk," kata Rima.

Rima mengatakan, pihaknya juga telah menerima technical hand book dari 11 negara yang ikut serta dalam ASEAN Para Gamesean XI.


"Kami juga sudah menerima peserta dari seluruh negara 1648 atlet dari 11 negara kemudian teknik untuk setiap cabor juga sudah selesai sekarang sedang diolah," kata dia.

Wakil Sekjen NPC Indonesia menambahkan, saat ini pihaknya sedang intens berkomunikasi dengan beberapa kementerian untuk pelaksanaan ASEAN Para Games ini.

"Terutama Kementerian PUPR, jadi sudah kemarin sudah berkunjung ke dua hari untuk pengecekan venue. Terutama di Intan Pari Karanganyar (venue cabor renang), benar-benar sudah di menjadi perhatian serius. Akan dibuat kolam renang standar internasional kedalaman 3 meter 10 lintasan," papar dia.

Kolam Renang Intan Pari Karanganyar akan menjadi yang termewah ketiga di Indonesia.

Selain itu, akan dibangun GOR (Gedung Olahraga) Basket di RM Said, Karanganyar yang untuk buat pertandingan-pertandingan selanjutnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/194946878/gelaran-asean-para-games-di-solo-diundur-sepekan-2-venue-diganti-baru-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke