Salin Artikel

Kolam Penangkaran Meluap, Puluhan Buaya Muara Masuk Pemukiman Banyuasin Sumsel

Akibatnya, buaya muara itu masuk ke pemukiman dan menyebabkan warga ketakutan.

Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Yuswono mengatakan, puluhan buaya yang lepas tersebut berasal dari tempat penangkaran PD Budiman.

Yuswono berkata, dalam kolam tersebut terdapat 82 buaya muara. Namun, hingga saat ini belum diketahui berapa jumlah buaya yang lepas dari penangkaran.

“Tapi diperkirakan mencapai puluhan ekor yang lepas,” kata Yuswono, Rabu (13/4/2022).

Yuswono menjelaskan, lepasnya puluhan buaya tersebut diakibatkan kolam penangkaran yang meluap setelah diguyur hujan lebat pada Minggu (10/4/2022).

Buaya dengan ukuran 1,5 sampai 1,8 meter keluar kolam dan masuk ke pemukiman warga yang letaknya tak jauh dari tempat penangkaran.

Tim dari BKSDA pun telah diturunkan untuk melakukan evakuasi terhadap buaya yang keluar kolam penangkaran.

“Rata-rata yang lepas adalah anakan. Dari hasil penyisiran buaya itu masih ada disekitar sungai kecil sektiar areal penangkaran. Sekarang sudah tiga ekor berhasil kami tangkap,” ujarnya.

Selain itu, Yuswono pun mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sektiar Kelurahan Sukomoro untuk lebih berhati-hati. Tertutama mendekati daerah aliran sungai.

“Kami juga minta warga segera melapor jika menemukan adanya buaya,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/13/183042078/kolam-penangkaran-meluap-puluhan-buaya-muara-masuk-pemukiman-banyuasin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke