Salin Artikel

Harimau Sumatera Muncul di Permukiman Solok, BKSDA Sumbar Pasang Perangkap

Pada Selasa (12/4/2022), satwa dengan nama latin Panthera tigris sumatrae itu dilaporkan muncul di samping kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok.

"Benar. Kita sudah terima laporannya. Kemungkinan harimau dewasa," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono yang dihubungi Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Ardi menduga, harimau itu muncul dari Suaka Margasatwa Bukit Barisan dan berpindah ke hutan lindung yang melintasi permukiman warga.

Dia juga mengatakan, BKSDA bersama Pemerintah Kota Solok, tokoh masyarakat, dan Pusat Rehabilitasi Harimau Sumaetra Dharmasraya bahu-membahu untuk mengamankan lokasi.

Untuk mencegah konflik terjadi, BKSDA telah memasang kamera trap, perangkap atau box trap, ronda dengan masyarakat kampung, serta menghalau dengan meriam.

“Kita mengimbau masyarakat untuk tidak anarki. Harimau sumatera tidak mungkin menyerang manusia kecuali dalam keadaan terluka, merasa terancam, atau melindungi anaknya,” jelas Ardi.

Ardi juga mengimbau masyarakat untuk tidak keluar sendiri dan memasang penerang di rumah dan di luar rumah.

Selain itu, masyarakat juga diminta membuat meriam karbit atau petasan dan dinyalakan pada pagi atau sore hari, serta melakukan ronda dengan bunyi-bunyian.

"Ini bertujuan untuk menghalau harimau itu," kata Ardi.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/13/161141178/harimau-sumatera-muncul-di-permukiman-solok-bksda-sumbar-pasang-perangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke