Salin Artikel

17 Puskesmas Induk dan RS di Solo Tetap Buka Pelayanan Selama Libur Lebaran

Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada 2 dan 3 Mei 2022, sedangkan cuti bersama pada 29 April dan 4-6 Mei 2022.

"Cuti panjang kita harus mengantisipasi fasilitas kesehatan harus posisi siap. Tidak boleh tutup," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih di Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/4/2022).

Pihaknya akan membagi petugas kesehatan dalam tiga shift karena sebagian telah ditugaskan melakukan penjagaan di posko-posko Lebaran.

"Kita harus jaga posko-posko di jalan. Nanti kita atur difokuskan (pelayanannya). Tapi tidak semua (petugas)," ungkap dia.

Ning sapaan akrab mengatakan petugas kesehatan yang ditugaskan di tiap posko Lebaran ada sebanyak 12 orang. Mereka bertugas selama 24 jam dengan sistem shift.

"Satu shift ada empat orang petugas. Sehari 12 orang yang saya keluarkan untuk satu posko. Tinggal nanti ada berapa posko Lebaran," kata Ning.

Selama cuti bersama Lebaran, ungkap Ning puskesmas rawat inap tetap membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 booster.

Namun, pihaknya pesimitis masyarakat mau memanfaatkan pelayanan vaksinasi Covid-19 booster karena masih suasana Lebaran.

"Nanti layanan vaksinasi booster mungkin di puskesmas rawat inap. Tapi apa mau masyarakat vaksin booster pastinya mereka pengin senang-senang di hari Lebaran," tutur dia.


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengimbau masyarakat yang belum vaksin Covid-19 booster untuk segera vaksin.

Hal tersebut sebagai antisipasi agar tidak terjadi penyebaran dan penularan Covid-19 pascalibur Lebaran.

"Semuanya sebelum mudik, sebelum pulang kampung makanya vaksin booster dulu," kata Gibran.

Diketahui vaksinasi Covid-19 booster di Solo, Jawa Tengah hingga Senin (11/4/2022) telah mencapai 43 persen.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/110231978/17-puskesmas-induk-dan-rs-di-solo-tetap-buka-pelayanan-selama-libur-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke