Salin Artikel

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Bandara Syamsudin Noor Tambah Jam Operasional

General Manager Bandara Internasional Syamsudin Noor, Dony Subardono mengatakan, jika biasanya jam operasional di waktu normal berakhir pada 18:00 Wita.

Dengan adanya kebijakan ini, operasional bandara akan berakhir pada 19:00 Wita atau bertambah satu jam.

Kebijakan itu menurut Dony sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

"Kami terapkan jam operasional yang lebih panjang dari sebelumnya yaitu pukul mulai Pukul 06:00 hingga Pukul 19:00 Wita mulai 6 April hingga 13 Mei 2022," ujar Dony Subardono kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Kebijakan penambahan jam operasional juga berkaca pada data lonjakan penumpang tahun sebelumnya yang selalu mengalami peningkatan.

Dony menuturkan, dari data yang ada, pada pekan pertama Ramadhan, 3 hingga 10 April 2022, tercatat total sebanyak 36.463 penumpang telah dilayani melalui Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Penumpang tersebut terdiri dari 18.551 penumpang berangkat dan 17.267 penumpang yang datang dengan aktivitas penerbangan pesawat secara total sebanyak 397 pada periode sama.


"Berkaca pada data historis. Pekan pertama Ramadhan memang belum merupakan puncak traffic di Bandara Internasional Syamsudin Noor. Namun kami telah menyiapkan antisipasi lonjakan aktivitas, baik secara aktivitas pesawat, jumlah penumpang, hingga muatan kargo," jelasnya.

Selain penambahan jam operasional, Dony juga memastikan kesiapan dan kecakapan para personel bandara selama Ramadhan, termasuk perihal kesehatan dan kedisiplinan.

Dony menambahkan, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang, Bandara Internasional Syamsudin Noor juga akan melaksanakan Posko Lebaran 2022.

"Pada giat ini, kami akan menggandeng stakeholder terkait seperti TNI, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan BMKG," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/12/062121278/antisipasi-lonjakan-pemudik-bandara-syamsudin-noor-tambah-jam-operasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke