Salin Artikel

Malam Ini, Ratusan Warga Kota Solo Padati Night Market Ngarsopuro

Pantauan Kompas.com, para warga mulai memadati sepanjang Jalan Diponegoro, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah pada pukul 19.00 WIB.

Diketahui Night Market Ngarsopuro ini digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjadi Wali Kota Solo. Lalu kini, kembali dihidupkan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Tampak para warga terlihat berjalan dan mendatangi tenda-tenda Night Market Ngarsopuro yang disediakan Dinas Koperasi dan UMKM Solo.

Di tenda-tenda yang berjumlah 200 pedagang itu, dijajakan sejumlah produk Usaha Mikro Kelas Menengah (UMKM) berupa fashion, handicraft, dan kuliner.

"Sudah sering, kalau dibandingkan dulu ya sama aja (produknya). Tapi ya lebih ramai dari dulu," kata Putu Ayu (38), warga Kelurahan Gilingan, Kota Solo.

Senada dengan Putu, Andrias Nuraini (46) warga Banjarsari mengaku baru pertama kali datang di Night Market Ngarsopuro merasa terhibu.

"Pertama, kesan seneng bisa ke sini. Tadi beli-beli kuliner. Tapi kalau poduk biasa saja ada daster-daster, batik gitu. Sarannya produknya lebih variatif ya ini kan mau lebaran mungkin bisa ditambah gamis-gamis gitu," jelasnya, saat datang bersama keluarganya.

Sedangkan untuk tingkat transaksi, menurut pedagang Night Market Ngarsopuro, Liem Lie Bien mengaku cukup tinggi.

"Sudah banyak yang beli, mudah-mudahan ke depannya lancar terus. Nama produk saya Bien craft, saat pandemi kemaren cuman yang rame masker," kata Liem di sela-sela melayani pembeli.

Sementara itu, Panggung hiburan juga tersedia ditengah-tengah Night Market Ngarsopuro, terlihat para pengunjung ikut bernyanyi dan mengabdikan momen kembali hadirnya pasar malam ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Solo, Wahyu Kristina, membenarkan tingkat antusias warga sangat tinggi setelah fakum selama 2 tahun karena pandemi Covid-19.

"Sudah 100 persen para pedagang yang tergabung dalam paguyuban telah membuka standnya dihari pertama ini. Pengunjung banyak yang bawa keluarga, kayak rekreasi keluarga 2 tahun nggak pernah keluar," kata Wahyu Kristina, saat ditemui Kompas.com di Night Market Ngarsopuro.

Kristina menjelaskan Dinas Koperasi dan UMKM Solo akan mengelar Night Market Ngarsopuro di setiap Sabtu.

Melihat adanya beberapa masukkan dari warga selama gelaran satu hari ini. Ina memgaku akan melakukan evaluasi untuk gelaran minggu depan.

"Iya, kalau minggu depan kita akan buka lagi. Tentunya ada evaluasi dari yang pelaksanaan hari ini. Misalnya nih supaya gimana ya kulinernya jadi satu tempat, kayaknya lebih nyaman," kata Ina sapaan akrabnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/09/223058178/malam-ini-ratusan-warga-kota-solo-padati-night-market-ngarsopuro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke