Salin Artikel

Harga Daging Ayam di Kota Semarang Meroket, Pedagang Jadi Sasaran Protes

Satu kilogram daging ayam horn di Kota Samarang harganya bisa mencapai Rp 40.000.

Salah satu penjual daging ayam di Pasar Karangayu, Kota Semarang, Darno mengatakan, kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak sebelum Ramadhan.

"Sudah sebelum Ramadhan naik," jelasnya saat ditemui di lokasi, Rabu (6/4/2022).

Kenaikan harga daging ayam itu membuatnya menjadi bahan bulan-bulanan oleh pelanggan karena harga daging yang meroket tajam.

"Pasti banyak yang protes, tapi mau tak mau mereka juga membeli. Mau gimana lagi karena semuanya sama," ujarnya.

Saat ini dia menjual daging ayam ras setiap kilogram Rp 40.000. Jika dibanding sebelumnya, ada kenaikan Rp 12.000. "Kalau harga sebelumnya itu Rp 28.000," ujarnya.

Hal yang sama dikatakan, pedagang ayam Pasar Johar Semarang, Sri. Menurutnya, daging ayam memang mengalami kenaikan setiap Ramadhan.

"Memang sudah biasa setiap tahun naik kalau bulan Ramadhan,"katanya. "Di sini satu kilogram daging ayam ras juga Rp 40.000," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pasar dan Stabilitas Harga, Dinas Perdagangan Kota Semarang, Sugeng Dilianto akan melakukan operasi pasar setiap minggunya.

"Sebenarnya kita sudah ada jadwal satu minggu itu dua kali," katanya.

Ramadhan kali ini bersama dinas terkait bakal melakukan operasi pasar untuk antisipasi lonjakan harga bahan kebutuhan pokok di Kota Semarang.

"Kita akan pantau terus," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/06/141928678/harga-daging-ayam-di-kota-semarang-meroket-pedagang-jadi-sasaran-protes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke