Salin Artikel

Merasa Ditelantarkan, 2 Anggota TPNPB di Papua Barat Menyerahkan Diri, Dandim: Kondisinya Lemas dan Takut

KOMPAS.com - Takut terlantar, dua anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyerahkan diri ke Makoramil 1804-07/Kambrauw.

Kedua anggota TPNPB-OPM tersebut adalah Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma (31).

Natalis dan Engel mengaku kabur dari kelompok Jonair Waga karena merasa ditelantarkan. 

Selain itu, mereka tidak mengetahui bahwa kelompok yang mereka ikuti kegiatannya terlarang dan melanggar hukum.

Setelah itu, mereka harus berjalan kaki mengikuti pinggiran hutan menuju Kampung Tanggaromi dan akhirnya tiba di salah satu rumah warga milik Barent Tumanant.

"Mereka sudah takut, lemas, karena tidak makan. Dari situ mereka dibawa ke Kodim untuk diambil keterangan," ujar Dandim 1804/Kaimana Letkol Inf. Chairi Suhanda, Senin (4/4/2022).

Chairi menjelaskan, dari penyelidikan sementara, keduanya diduga hendak merekrut warga untuk bergabung dengan kelompok yang dibentuk Batalyon Somb Winan.

Batalyon Somb Winan dibentuk di Kampung Wagura yang berada di perbatasan Kaimana dengan Teluk Bintuni pada Februari lalu.

Dari hasil identifikasi di foto, lebih kurang ada sekitar 80 orang yang ikut dalam kelompok itu.

Kelompok itu diduga akan melakukan aksi di pertigaan masuk TPU, atau 200 meter dari markas Yonif 764/IB.

"Kami berharap mereka bisa kembali ke kampung halaman masing-masing. Kita akan melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial seperti kegiatan komunikasi sosial kemasyarakatan," tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, keduanya juga membuat surat pernyataan untuk kembali setia kepada NKRI dan tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia.

"Sempat kita tanyakan apa kelanjutan mereka. Kedua simpatisan mengaku ingin kembali ke kampung bersama keluarganya. Setelah itu kita buat surat pernyataan untuk dikembalikan ke kepala distrik untuk ditindaklanjuti," kata Chairi.

(Penulis : Kontributor Sorong, Maichel | Editor : Priska Sari Pratiwi)

https://regional.kompas.com/read/2022/04/05/081234078/merasa-ditelantarkan-2-anggota-tpnpb-di-papua-barat-menyerahkan-diri-dandim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke