Salin Artikel

Shalat Tarawih Pertama di Masjid Agung Rangkasbitung, Saf Rapat, Banyak Jemaah Tanpa Masker

Aturan tarawih di masjid Al-Araaf kini semakin longgar, tidak ada lagi pembatasan jumlah jemaah dan tidak ada jaga jarak seperti dua tahun sebelumnya, saat kasus Covid-19 masih tinggi.

Pantauan Kompas.com di Masjid Agung Al-Araaf, Sabtu (2/4/2022) masjid berkapasitas 2.500 jamaah ini, terisi sekitar setengah ruangan utama.

Tidak ada jarak pada masing-masing jemaah.

Jemaah yang mengikuti tarawih di Masjid ini datang dari berbagai tempat di Rangkasbitung dan sekitarnya.

Salah satunya adalah Nurandi, yang datang dari Rangkasbitung Timur, sekitar lima kilometer dari masjid Agung Al-Araaf.

"Sengaja datang ke sini karena sudah ada pengumuman enggak ada jaga jarak, jadi bela-belain datang, terasa seperti sebelum corona," kata Nurandi.

Nurandi mengatakan, suasana tarawih Masjid Agung Al-Araaf hampir sama seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Tidak ada jaga jarak dan banyak jemaah yang tidak mengenakkan masker.

"Iya, mungkin karena sudah mulai mereda ya, jadi banyak yang tidak pakai masker," kata Nurandi yang sebelumnya mengenakan masker namun dilepas saat jamaah lain juga banyak yang tidak memakai masker.

Nano mengatakan masih ingat betul saat awal Covid-19, Masjid Agung Al-Araaf, bahkan sempat tidak menggelar shalat Jumat karena ada aturan untuk tidak shalat berjemaah.

"Senang sekali, semoga seterusnya begini ya," kata Nano.

Warga lainnya yang bernama Aini mengaku masih was-was meski bersyukur dengan adanya pelonggaran.

"Saya sebetulnya masih takut untuk berbaur dengan yang lain, tapi ingin merasakan shalat tarawih pertama di Masjid Agung, jadi datang ke sini dengan peralatan tempur lengkap, pakai masker dobel dan hand sanitizer," tutur Aini.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Al-Araaf, Eri Rahmat, membenarkan jika aturan berjemah di masjid ini sudah dilonggarkan. Bahkan, kata dia, soal pembatasan jemaah sudah ditiadakan sejak tahun lalu.

Namun demikian, jemaah tetap diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan cuci tangan.

"Kita sediakan tempat cuci tangan di sejumlah tempat dan disediakan juga masker bagi jemaah yang tidak bawa," kata Eri.

Shalat tarawih di Masjid Agung Al-Araaf dilaksanakan 23 rakaat. Selain tarawih, kegiatan lainnya selama Ramadhan juga digelar di antaranya menyediakan takjil buka puasa dan tadarus.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/03/024326878/shalat-tarawih-pertama-di-masjid-agung-rangkasbitung-saf-rapat-banyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke