Salin Artikel

Hadiri Perayaan Hari Peduli Autisme Sedunia, Atalia Kamil: Keterbatasan Bukan Penghalang Berkarya

KOMPAS.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil mengatakan, keterbatasan bukan penghalang bagi anak-anak penyandang autisme untuk berkarya.

Hal tersebut disampaikan Atalia dalam acara Hari Autis Internasional Zoleka bertema "Walking Together" di Atrium BTC Mall, Bandung, Jumat (1/4/2022).

Hari Peduli Autisme Sedunia atau World Autism Awareness Day yang diperingati setiap 2 April, kata Atalia, merupakan momentum untuk membangkitkan semangat penyandang autisme supaya terus berkarya.

"Banyak anak-anak penyandang autisme yang mampu berkarya. Mereka juga bisa menjadi anak yang bahagia dengan berkarya. Itu berkat dukungan orang tua dan lingkungan sekitar," kata Atalia dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/4/2022).

Atalia menuturkan bahwa berdasarkan data Dinas Sosial Provinsi Jabar, jumlah penyandang disabilitas di Jabar sebanyak 27.600 orang. Sementara itu, penyandang autisme sekitar 500 orang.

Peran orangtua, menurut Atalia adalah hal yang penting. Pasalnya orangtua harus membimbing sekaligus menjadi mentor agar penyandang autisme terus berkembang dan berkarya. Orangtua juga dapat menjadi tempat bagi mereka untuk berkomunikasi.

“Supaya tidak merasa sendirian, orangtua yang memiliki anak penyandang autisme dapat bergabung dengan kelompok supaya dapat saling berbagi,” ujarnya.

Melalui peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia, lanjut Atalia, ia berharap dapat mendorong anak-anak penyandang autisme untuk menunjukkan karyanya. Hal ini bertujuan untuk mendorong mereka supaya menjadi anak yang mandiri.

Adapun hasil karya penyandang autisme yang ditampilkan dalam acara tersebut beragam, mulai dari fesyen, buku, sampai tempat minum.

Atalia berharap, penyandang autisme di Jabar tetap semangat berkarya dan menginspirasi.

"Saya berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat pada 2022. Semoga dengan penyelenggaraan Hari Peduli Autisme Sedunia, anak-anak penyandang autisme menjadi lebih mandiri dari sebelumnya," tutur Atalia.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/02/123909178/hadiri-perayaan-hari-peduli-autisme-sedunia-atalia-kamil-keterbatasan-bukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke