Salin Artikel

Mantan Ajudan Jokowi Diangkat Jadi Pangdam Diponegoro

Mantan ajudan Presiden Joko Widodo tahun 2014-2016 itu akan menggantikan Mayjen TNI Rudianto yang diangkat menjadi Inspektur Jenderal TNI AD.

Sebelumnya, Widi mengemban jabatan sebagai Danjen Kopassus yang akan digantikan oleh Brigjen TNI Iwan Setiawan.

Selain itu, Widi juga pernah mengemban tugas sebagai Kasdam IV/Diponegoro.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Enjang membenarkan informasi tersebut.

"Betul, mantan Kasdam kami kemarin (diangkat) menjadi Pangdam," kata Enjang melalui pesan singkat, Rabu (30/3/2022).

Ia mengungkapkan kegiatan serah terima jabatan (sertijab) belum dilaksanakan.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan rotasi terhadap sejumlah jabatan strategis di lingkungan TNI.

Setidaknya terdapat 113 perwira yang dimutasi dan mendapatkan promosi jabatan.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI, yang ditandatangani dan berstempel Kepala Sekretariat Umum Brigjen Edy Rochmatullah pada 25 Maret 2022.


Salah satu jabatan strategis yang mengalami perubahan kepemimpinan adalah Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis (Wakabais) TNI yakni dari Mayjen Cahyono Cahya Angkasa yang digantikan oleh Marsekal Muda (Marsda) Jemi Tri Sonjaya.

Jemi sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Bais TNI. Sementara Cahyono akan digeser menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Sementara posisi Jemi sebagai Sekretaris Bais akan digantikan oleh Laksamana Pertama Wahyu Mujiono, yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Ahli Tingkat II bidang Kamkonf Komunal Panglima TNI.

Andika juga mempromosikan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Politik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Mayjen Mohammad Sabrar Fadhilah menjadi Wakil Gubernur Lemhannas untuk menggantikan Marsdya Wieko Syofyan yang segera memasuki masa pensiun.

Selain itu, Andika juga mengganti Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) dari Mayjen Widi Prasetijono menjadi Brigjen Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat Wakil Asisten Latihan Kepala Staf Angkatan Darat (Waaslat KSAD) bidang Kerja Sama Militer (Kermamil).

Iwan menggantikan Widi yang akan menempati posisi Pangdam IV/Diponegoro menggantikan Mayjen Rudianto.

Sedangkan, Rudianto akan menjabat sebagai Inspektur Jenderal Angkatan Darat (Irjenad) menggantikan Letnan Jenderal R Wisnoe Prasetja Boedi yang akan bertugas sebagai perwira tinggi Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/165333178/mantan-ajudan-jokowi-diangkat-jadi-pangdam-diponegoro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke