Salin Artikel

70 Hektar Hutan dan Lahan di Rokan Hulu Terbakar, Api Akhirnya Padam

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Memasuki hari ketiga, api yang menghanguskan 70 hektar hutan dan lahan di areal perbukitan itu berhasil padam pada Selasa (29/3/2022).

Tim gabungan dari Prajurit TNI Koramil 02/Rambah dan Polsek Rambah Samo serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul sudah mengecek ke lokasi dan menyatakan tidak ada lagi api yang menyala.

"Tadi pagi kami cek ke lokasi api sudah padam. Api padam sendiri, karena kawasan itu tanah mineral. Tinggal sedikit sisa-sisa bara api yang membakar tunggul kayu," sebut Babinsa Koramil 02/Rambah, Kodim 0313/KPR, Serka Mendrayani kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (29/3/2022).

Serka mengatakan, dua hari sebelumnya karhutla di kawasan tersebut tidak bisa dipadamkan karena medan yang sulit.

Selain itu, angin yang bertiup kencang, membuat kebakaran cepat meluas. Luas hutan dan lahan yang awalnya terbakar 20 hektar, menjadi 70 hektar.

Petugas hanya bisa memadamkan api menggunakan kayu. Sebab, tidak ditemukan sumber air di sekitar lokasi karhutla.

"Lokasi kebakaran berada di areal perbukitan terjal, dan sulit dipadamkan. Medan yang kami tempuh ke lokasi juga sangat sulit. Hanya bisa pakai sepeda motor," kata Mendrayani.

Diberitakan sebelumnya, kawasan hutan dan lahan terbakar di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Minggu (27/3/2022).

Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, perangkat desa dan warga setempat, berjibaku memadamkan api.

Namun, pemadaman api hanya bisa menggunakan kayu. Petugas sempat meminta bantuan pemadaman dari udara dengan helikopter water boombing.

Total hutan dan lahan yang terbakar mencapai 70 hektar. Kawasan hutan itu diduga digarap untuk dijadikan kebun sawit.

Bahkan, petugas juga menemukan spanduk bertuliskan "Tanah Ulayat (Kholipah) Sutan Mangamar Batang Samo Hulu Luhak Rambah", di sekitar lokasi kebakaran.

Pihak Polsek Rambah Samo tengah menyelidiki siapa pembakar hutan dan lahan di daerah yang dijuluki Negeri Seribu Suluk itu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/083224078/70-hektar-hutan-dan-lahan-di-rokan-hulu-terbakar-api-akhirnya-padam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke