Salin Artikel

2 Rumah di Simalungun Sumut Hangus Terbakar, Diduga akibat Korsleting

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Sebanyak dua rumah warga di Jalan Asahan, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara ludes terbakar pada Senin (28/3/2022) Siang sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa.

Namun salah seorang penghuni rumah bernama Togar Panggabean (58) alami luka bakar ringan di bagian tangan kiri.

Elisten Sinaga (42), warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut menuturkan, salah satu penghuni rumah bernama Togar sebelumnya terbangun ketika merasa kepanasan. 

Togar yang melihat api sudah mulai membesar berupaya memadamkan api. Namun sayangnya tanganya terluka terkena api.

"Dia terbangun dari tidur siangnya saat api sudah mulai membesar. Ia pun mencoba memadamkan api menggunakan kain basah. Namun api semakin membesar dan merembet ke rumah lain," kata Elisten ditemui di lokasi.

Ia mengatakan warga sekitar berupaya memadamkan titik api dengan peralatan sederhana sebelum mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. 

Namun api keburu melahap satu rumah semi permanen yang diduga menjadi sumber api, kemudian api merembet ke rumah lain termasuk satu rumah berbahan beton.

"Tadi sempat kami siram dengan alat seadanya. Cuma api cepat kali membesar," kata Sinaga menambahkan. 

Berapa menit kemudian lima unit mobil pemadam kebakaran turun ke lokasi dan petugas berhasil memadamkan titik api. 

Sementara itu, Kapolsek Bangun AKP Lambok Gultom mengatakan, adapun dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran bersumber dari arus pendek listrik. 

"Tadi ada korsleting, kurang cepat dimatikan listriknya. Ada kabel telanjang, ini kan rumah lama," katanya kepada wartawan.

Pangulu Nagori Dolok Marlawan, Janet Simarmata menuturkan, peristiwa kebakaran itu mengakibatkan dua rumah milik warga hangus terbakar dan satu rumah terbakar pada bagian atap.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/28/233122478/2-rumah-di-simalungun-sumut-hangus-terbakar-diduga-akibat-korsleting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke